Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jambi menganggarkan dana beasiswa Dumisake sebesar Rp7,8 miliar yang dipersiapkan untuk 380 mahasiswa dari jenjang strata satu hingga strata tiga.

Kepala Bagian Pelayanan Biro Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Provinsi Jambi Watni di Jambi, Senin, mengatakan Pemprov Jambi menyiapkan kuota penerima beasiswa sebanyak 380 mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa S1 sebanyak 300 orang, S3 dalam negeri sebanyak 75 orang, dan S3 luar negeri lima orang.

"Masing-masing penerima beasiswa akan mendapatkan dana pendidikan sebesar Rp15 juta untuk S1 dan Rp40 juta untuk mahasiswa S3," katanya.

Baca juga: BI Jambi buka kuota 100 mahasiswa penerima beasiswa 2024

Pendaftaran beasiswa Dumisake 2024 dibuka mulai 20 Mei sampai Juni 2024. Mahasiswa diperkenankan melakukan pendaftaran secara online.

Menurut dia, beasiswa Dumisake ini untuk mahasiswa kurang mampu atau miskin serta berprestasi akademik dan nonakademik.

"Ada kategorinya," kata dia.

Baca juga: Unja dapatkan alokasi beasiswa KIP Kuliah sebanyak 1.200 mahasiswa

Ia mengatakan beasiswa mahasiswa S3 untuk tenaga pengajar atau dosen yang sudah memiliki NIDN pada perguruan tinggi dalam provinsi.

Seleksi penerima beasiswa ini melibatkan berbagai pihak meliputi perguruan tinggi yakni UIN, Unja, Unbari, dan UMY. Seluruh proses seleksi dilakukan tim panitia seleksi agar mendapatkan penerima tepat sasaran.

Baca juga: 35 anak di Jambi dibantu Baznas beasiswa pendidikan ke Mesir dan Turki

Pengumuman calon penerima beasiswa yang lolos administrasi dilakukan pada 15 Juni 2024. Proses selanjutnya, penyerahan dokumen autentik bagi peserta yang lolos, pada 19 Juni sampai 30 Juni 2024. Seleksi calon penerima bantuan pada Juli 2024. Penyaluran beasiswa dijadwalkan pada Agustus 2024.

Pewarta: Tuyani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024