Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ferrari Charles Lecrerc mengatakan “sungguh luar biasa” dapat naik podium ketiga pada seri Formula 1 (F1) 2024 di Grand Prix (GP) Emilia Romagna di Sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari atau Sirkuit Imola, Bologna, Italia, Minggu (19/5).

Ini merupakan podium keempat Lecrerc musim ini dan juga podium ketiga untuk ketiga kalinya.

Memulai balapan 63 lap dengan ban medium dari P3, Leclerc menambah kecepatan setelah pit stop yang memungkinkan dirinya mengejar pembalap McLarens Lando Norris untuk P2 saat balapan menuju tahap akhir.

Namun, hingga akhir balapan, Leclerc tak mampu mengejar Norris dan Max Verstappen di posisi pertama yang membuatnya berada di posisi ketiga untuk debut naik podiumnya di Sirkuit Imola.

“Setidaknya itu podium. Saya sangat senang ketika saya menang dan hari ini kami tidak cukup berhasil,” kata pembalap 26 tahun itu, dikutip dari laman resmi F1, Senin.

“Kami sangat cepat pada awal balapan dengan menggunakan ban keras. Saya mulai menekan untuk mencoba dan memberikan tekanan pada Lando Norris, tetapi kemudian mereka menjadi sangat cepat. Secara keseluruhan, menurut saya kecepatan balapan hari ini cukup kuat,” tambahnya.

“Di sisa lap kami cepat, jadi ini terlihat bagus untuk sisa musim ini, tapi sungguh luar biasa bisa naik podium bersama semua Tifosi di sini di Imola,” lanjutnya.

Baca juga: Norris sedih tak bisa akhiri GP di Imola dengan kemenangan

Setelah jeda satu pekan, F1 musim ini akan berlanjut pada akhir pekan ini di GP Monaco, sirkuit yang menjadi kandangnya.

Mengenai apakah segala sesuatunya terlihat baik menjelang balapan di tanah kelahirannya, Leclerc mengatakan “Ya, Monaco tentu saja akan menjadi sangat istimewa, sama istimewanya dengan di sini di Imola. Tentu saja ada banyak warna merah dan sungguh menakjubkan melihatnya”.

Dengan rekan setimnya Carlos Sainz menyelesaikan balapan di Imola pada P5, Ferrari kini memiliki 212 poin di posisi kedua klasemen konstruktor, di belakang Red Bull dengan 268 poin.

Sementara bagi Leclerc, P3 di Imola membuatnya berada di posisi kedua pada klasemen sementara, tertinggal 48 poin dari sang juara dunia Verstappen dan unggul enam poin dari Sergio Perez yang ada di posisi ketiga.

Baca juga: Verstappen "sangat senang" menangi GP Imola yang diraih susah payah
Baca juga: Hamilton: Strategi Mercedes di GP Emilia-Romagna kurang tepat


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024