Magelang (ANTARA) - Para Biksu Thudong telah sampai di Taman Wisata Candi Borobudur setelah melakukan perjalanan dari Semarang untuk menyambut perayaan Waisak 2024 di Borobudur.

General Menejer Unit Borobudur Jamaludin Mawardi di Magelang, Senin, menyampaikan hari ini melakukan penyambutan para biksu sebagai bentuk apresiasi pada mereka yang telah melakukan perjalanan dari Semarang sampai Candi Borobudur.

"Siang ini kita sambut bersama-sama Biksu Thudong memasuki Taman Wisata Candi Borobudur," katanya.

Sebenarnya konsep awal penerimaan Biksu Thudong di Candi Borobudur seperti tahun lalu, konsentrasi di Lapangan Kalpataru, tetapi tadi ada perubahan karena faktor cuaca panas maka mereka diminta untuk transit dulu di Manohara .

Kemudian mereka baru naik ke Candi Borobudur untuk berdoa karena mereka melakukan perjalanan sampai Candi Borobudur untuk spiritualnya, berdoa di tempat yang mereka sucikan di Candi Borobudur.

Baca juga: Ratusan umat Buddha Temanggung sambut Biksu Thudong

Ketua Biksu Thudong 2024 Kamsai Sumano Mahathera menyampaikan
para biksu berjalan dari Semarang sampai Candi Borobudur berjarak kurang lebih 60 kilometer.

"Kami dari Thailand, Malaysia, Singapura, kemudian tambah Indonesia dan Korea," katanya.

Ia menyampaikan selama thudong ini merasa banyak hal baru, yakni berjalan 60 kilometer, kemudian diundang untuk mampir sekolah, kecamatan, semua tahu thudong tahun ini.

"Mereka tahu thudong dan.memberikan semangat . Kemarin kami mulai jalan jam 05.00 WIB, kami kaget ada masyarakat semua agama ikut tabur bunga sehingga mereka bangun sebelum jam 05.00 WIB," katanya.

Menurut dia semua memberikan minuman buah-buahan, semua bergotong-royong.

"Saya tidak tahu siapa yang ngasih itu, merasa kasihan pada kita , mereka kasih sandal, kasih buah-buahan , obat-obatan untuk mendukung Biksu Thudong sampai Borobudur," katanya.

Baca juga: Pemprov Jateng siap kawal ritual biksu Thudong hingga Borobudur
Baca juga: Wali Kota: Semarang memiliki sejarah panjang penyebaran agama Buddha


Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024