Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 96 tim sekolah dasar hingga menengah atas dari Bogor, Jakarta, dan Tangerang siap bertanding di babak sistem gugur dan final turnamen Jr. NBA Indonesia 3v3 yang merupakan bagian dari rangkaian Jr. NBA Week di Jakarta, 1-2 Juni.

“Kami sangat antusias dapat menghadirkan Jr. NBA Indonesia 3v3 Tournament kepada para pemain muda berbakat di seluruh wilayah Jabodetabek," ujar NBA Asia Basketball Operations Natalia Andre, dikutip dari keterangan resmi NBA Indonesia, Senin.

Adapun babak kualifikasi untuk menyaring 96 tim ini sudah dilakukan di Sekolah Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan pada Sabtu (18/5) dan Minggu (19/5).

Jr. NBA yang merupakan liga global kompetisi basket remaja NBA untuk anak-anak muda Indonesia tidak hanya mengajarkan keterampilan dasar bola basket kepada para remaja, tetapi juga nilai-nilai inti dari permainan ini.

Nilai-nilai tersebut adalah sportivitas, kerja sama tim, sikap positif, dan sikap saling menghormati.

“Olahraga basket merupakan platform luar biasa bagi para pemuda-pemudi untuk menunjukkan kemampuan mereka dan mempelajari pelajaran hidup berharga yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Natalia.

Baca juga: NBA umumkan ekspansi program NBA muda di Indonesia

Sebagai platform yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain basket bagi anak muda, Jr. NBA Indonesia 3v3 Tournament menampilkan divisi grup untuk putra dan putri di tiga kelompok usia (SD, SMP, dan SMA).

Sebanyak 281 tim dari 170 sekolah di tiga tingkatan sekolah berpartisipasi dalam kualifikasi Tangerang, yang menjadi penutup dari rangkaian turnamen penyisihan di Jakarta (4-5 Mei), Bogor (11-12 Mei), dan Tangerang (18-19 Mei).

Sejak diluncurkan pada 2014, Jr. NBA Indonesia sudah menjangkau lebih dari 24,2 juta pemuda-pemudi di seluruh Indonesia dan terus mendukung generasi penerus pemain basket Indonesia dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka di lapangan dan menanamkan nilai-nilai positif dari partisipasi dalam olahraga.

Baca juga: Jr. NBA Indonesia beri pelatihan untuk para pebasket muda di sekolah
Baca juga: Timnas U-18 Putri akan jalani uji coba sebelum berkompetisi di SEABA


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024