Gorontalo (ANTARA) - Sebanyak 450 jamaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) 12 UPG berangkat menuju Kota Madinah, Arab Saudi usai dilepas secara resmi dari asrama haji, embarkasi haji antara (EHA) Provinsi Gorontalo, Senin.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo M. Muflih Fattah mengatakan, JCH kloter 12 UPG berasal dari Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pohuwato.

"Untuk Kloter ini, jumlah jemaah 450 orang terdiri dari Kabupaten Gorontalo 211 orang, Bone Bolango 117 orang, Gorontalo Utara 40 orang, Pohuwato 77 orang dan lima petugas kloter," ucap Muflih.

Baca juga: Petugas haji perlu ingatkan jamaah bawa "smart card"

Ia menjelaskan, jamaah laki-laki berjumlah 164 orang dan perempuan 286 orang. Jamaah tertua berusia 87 tahun atas nama Salha Binti Anus dan jamaah termuda berusia 20 tahun atas nama Rayhan Putri Maiyo.

Muflih mengatakan, selama di asrama haji para jamaah telah melalui pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan administrasi melalui pelayanan satu atap atau One Stop Service.

Dalam pelayanan jemaah selama di asrama haji, kata dia panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) menggunakan skema layanan satu pintu agar jamaah seluruhnya dapat diberi ruang yang lebih cukup untuk beristirahat sebelum dinyatakan laik terbang oleh petugas berwenang.

Baca juga: DPR minta ada kerja sama atasi fasilitas haji dipakai pihak tak berhak

"Insya Allah para jamaah diberikan kekuatan dan kesehatan selama menjalani rangkaian ibadah dan kembali ke tanah air menjadi haji mabrur," harap dia.

Muflih menambahkan, jamaah dijadwalkan kembali ke tanah air dengan maskapai Garuda nomor GIA 977 pada tanggal 1 Juli 2024 pukul 16:15 WAS, dan tiba di Makassar pada tanggal 2 Juli 2024 pukul 08:40 wita. Selanjutnya dijadwalkan akan tiba kembali di Gorontalo pada tanggal 2 Juli 2024 pukul 14:40 wita.
Petugas membantu membawa koper jemaah calon haji di asrama haji embarkasi haji antara (EHA) di Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (20/5/2024). 450 jemaah calon haji kloter 12 UPG siap berangkat menuju tanah suci Makah untuk menunaikan ibadah haji melalui Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024