Garut (ANTARA) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyiapkan tim psikolog untuk membantu proses pemulihan kondisi psikis seorang anak yang menjadi korban penganiayaan oleh perampok di rumahnya di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, agar bisa kembali beraktivitas dan sekolah seperti biasa.

"Kita turunkan tim psikolog, tim untuk terapi psikis korban, untuk pemulihan kondisi psikisnya," kata Ketua KPAI Daerah Tasikmalaya yang meliputi wilayah tugas Kabupaten Garut Ato Rinanto saat dimintai tanggapan terkait kasus anak yang menjadi korban penganiayaan oleh perampok di Garut, Senin.

Ia menuturkan korban seorang gadis berusia 14 tahun yang menjadi korban penganiayaan oleh perampok menyebabkan korban harus mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut.

Korban, kata Ato, tidak hanya menderita fisik, tetapi juga kondisi psikis karena dalam kejadian itu menyaksikan langsung ibu kandungnya dianiaya perampok dan menyebabkan ibunya meninggal dunia.

"Kejadian itu menyebabkan korban trauma, maka kita berupaya untuk bisa memulihkan kondisi psikisnya," kata Ato.

Baca juga: KPAI: Menangani kesehatan mental anak harus libatkan banyak pihak

Ia menyampaikan bahwa korban saat ini sudah kembali ke rumahnya sejak sepekan lalu, selama itu tim belum bisa melakukan pemulihan kondisi kejiwaannya karena kondisi fisik korban belum pulih.

Saat ini, kata dia, kondisi fisiknya sudah pulih, dan bisa diajak berbicara, untuk itu pihaknya secepatnya bergerak untuk membantu proses pemulihan psikis korban mulai Selasa (21/5).

"Kita baru besok berangkat ke Garut karena kalau sebelumnya kondisi luka fisik masih sakit, sekarang sudah bisa komunikasi," katanya.

Ia menyampaikan bahwa saat melakukan komunikasi melalui telepon seluler, terlihat korban dalam kondisi baik, dan sempat ditanya ada keinginan apa selama ini, korban menjawab ingin makan buah durian.

Baca juga: KPAI kutuk penganiayaan oknum pengasuh terhadap anak di Malang

Tim psikolog, kata dia, sambil membawa durian akan mendampingi kondisi korban di rumahnya di Kampung Leuwileutak, Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Garut, selama seharian.

"Untuk lama proses pemulihan ini belum dapat ditentukan sampai kapan, namun besok kita seharian mendampingi korban," katanya.

Sebelumnya, korban harus dibawa ke rumah sakit setelah kejadian perampokan di rumahnya Kampung Leuwileutak, Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Garut, Kamis (9/5) malam.

Aksi perampokan itu menyebabkan satu orang meninggal dunia yakni ibu korban, dan seorang anak luka-luka sehingga harus menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Baca juga: KPAI serukan pentingnya orang tua lindungi anak dari kekerasan

Terkait pelaku, polisi sudah berhasil mengidentifikasi pelakunya yang saat ini masih dalam pengejaran kepolisian.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024