Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video YouTube menarasikan bahwa PDIP telah resmi mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 mendatang.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“J0K0WI GEMETER4N PDIP GEGERKAN PUBLIK,DIAM2 MAK MEGA SIAPKAN ANIES LAWAN ANAK EMAS JKW”

Namun, PDIP resmi usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta pada 16 Mei?
 

Unggahan video yang menarasikan PDIP resmi usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta pada 16 Mei. Faktanya, keputusan siapa yang akan pasti dicalonkan pada Pilgub DKI akan disampaikan setelah Rakernas DPP PDIP di akhir Mei 2024 (YouTube)
Penjelasan:

Dilansir dari ANTARA (https://pon.antaranews.com/berita/4099017/pdip-sebut-ahok-anies-berasal-dari-akar-rumput-yang-jauh-beda), Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya masih mencermati nama-nama tokoh yang diusulkan untuk diusung sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada serentak 2024.

Hasto mengatakan hal itu menanggapi pertanyaan terkait peluang PDI Perjuangan memasangkan dua mantan gubernur DKI Jakarta yakni Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai calon gubernur - wakil gubernur DKI Jakarta.

Hasto tak memungkiri Ahok dan Anies adalah tokoh yang diusulkan kepada PDI Perjuangan untuk diusung sebagai kepala daerah di Jakarta. Menurut dia, mereka merupakan sosok yang mencerminkan karakter Indonesia.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah DPD PDIP DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, menyebut PDIP tidak membatasi Ahok ataupun Anies untuk mendaftar, terutama sebelum Rakernas PDIP yang digelar pada akhir Mei mendatang.

Namun, sejauh ini, baik Ahok maupun Anies keduanya belum mendaftarkan diri sebagai calon gubernur ke DPC atau DPD PDI Perjuangan.

Terkait keputusan siapa yang akan pasti dicalonkan pada Pilgub DKI, kata Gilbert, akan disampaikan setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PDIP di akhir Mei 2024.

Cek fakta: Megawati pastikan PDIP jadi pihak oposisi pada akhir April, benarkah?

Cek fakta: Hoaks! Jokowi disebut pecat lima menteri PDIP dicopot

Baca juga: PDIP: Nama Djarot hingga Ahok masuk bursa Pilkada DKI Jakarta

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024