Jakarta (ANTARA) - Miles and Ancillary Group Head Garuda Indonesia Ima Rahmaniar menyampaikan bahwa pihaknya berupaya untuk memberikan kemudahan bagi para penumpang dalam membeli buah tangan ketika bepergian dengan meluncurkan layanan Garuda Oleh-Oleh.

“Kami telah launch (merilis) produk baru yaitu Garuda Oleh-Oleh, itu juga di-support (didukung) oleh Allianz (PT Asuransi Allianz Utama Indonesia/Allianz Utama),” ujar Ima Rahmaniar di Jakarta, Senin.

Ia menyatakan bahwa para penumpang yang berangkat dari Surabaya, Jayapura, Sorong, Timika, dan Biak dapat memesan berbagai produk yang ditawarkan oleh maskapai tersebut melalui laman Garuda Indonesia maupun FlyGaruda App.

Melalui kerjasama dengan Allianz Utama, ia mengatakan bahwa buah tangan yang dibeli melalui layanan tersebut sudah terlindungi asuransi dari risiko kehilangan bagasi.

“Produk (oleh-oleh) itu juga didukung asuransinya dan terproteksi oleh Allianz,” kata Ima.

Kini, pihaknya telah bekerja sama dengan dua merchant oleh-oleh, yakni Sambal Bu Rudy dan Abon Gulung Pawai. Berbagai produk tersebut dapat dipesan paling lambat 24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Penumpang yang berhasil memesan produk Garuda Oleh-Oleh akan menerima konfirmasi melalui e-mail, kemudian wajib melapor kepada petugas di konter check-in bandara keberangkatan, termasuk bagi penumpang yang sudah melakukan online check-in.

Hal ini dikarenakan merchant akan langsung mengantarkan pesanan ke terminal bandara keberangkatan dan dicatat sebagai bagasi penumpang oleh staf konter check-in. Produk dapat diambil oleh penumpang pada conveyor belt bagasi di bandara tujuan.

Penumpang yang bepergian melalui rute connecting diharuskan melakukan pelaporan ulang kepada petugas konter check-in bandara setempat terkait produk oleh-oleh yang dibelinya.

Namun, apabila penerbangan tersebut bersifat through check-in, maka penumpang tidak dapat menggunakan layanan Garuda Oleh-Oleh.

Selain itu, penumpang yang menjadwalkan ulang penerbangannya tidak dapat menukarkan maupun mengajukan pengembalian dana atas produk oleh-oleh yang dibelinya.

“Saat ini kami masih mengupayakan untuk menghadirkan produk Garuda Oleh-Oleh dengan memperbanyak jangkauan destinasi lain,” tutur Ima.

Baca juga: BCA Digital dan Garuda Indonesia berikan kemudahan layanan penerbangan
Baca juga: Garuda Indonesia-Singapura Airlines kerja sama dukung pariwisata
Baca juga: Ini manfaat asuransi Allianz untuk penumpang Garuda Indonesia

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024