Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin, Senin (20/5), menjadi sorotan, diantaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto hingga Ketua DPR Puan Maharani singgung pertemuan dengan Jokowi di World Water Forum (WWF) Ke-10.
 

 
 
Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

 
 
 

 
 
1. Jokowi perkenalkan Prabowo presiden RI terpilih di World Water Forum

 
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan presiden RI terpilih Prabowo Subianto kepada tamu undangan dan delegasi yang hadir di acara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali, Senin.

 
 
"Dalam kesempatan baik ini, perkenankan saya memperkenalkan presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto," kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam seremonial pembukaan KTT WWF Ke-10 di BICC, Bali, Senin.

 
 
Pernyataan Presiden disambut Prabowo yang duduk di barisan terdepan dengan berdiri dari kursinya dan menyampaikan salam kepada hadirin. Momentum perkenalan itu disambut tepuk tangan peserta yang hadir di Ruang Mangunpura BICC Bali.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

 
 
 
 
2. Gerindra siapkan Ahmad Dhani jadi Wali Kota Surabaya pada Pilkada 2024

 
 
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa partai-nya akan mengusung musisi sekaligus kader Partai Gerindra Ahmad Dhani untuk maju sebagai calon wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2024.

 
 
"Untuk Pilkada Surabaya, Partai Gerindra sedang mempersiapkan Ahmad Dhani untuk maju sebagai calon wali kota," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

 
 
Adapun Ahmad Dhani diketahui maju sebagai calon legislatif dari Partai Gerindra daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I (meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo) pada Pileg 2024.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

 
 
 
 
3. Presiden Jokowi sampaikan belasungkawa wafatnya Presiden Iran

 
 
Presiden RI Joko Widodo turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi beserta rombongan dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran pada Minggu (19/5).

 
 
Presiden Raisi pernah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Mei 2023.

 
 
"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, duka cita mendalam atas wafatnya Presiden Iran, Yang Mulia Sayyed Ebrahim Raisi beserta delegasi pendamping yang menyertai beliau dalam musibah kecelakaan di Iran," kata Presiden Jokowi dalam akun resmi X @jokowi dikutip pada Senin.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

 
 
 
 
4. TNI AU modifikasi cuaca agar World Water Forum di Bali kondusif

 
 
Jajaran TNI Angkatan Udara (AU) melakukan modifikasi cuaca untuk memastikan kegiatan skala internasional World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali berjalan dengan kondusif.

 
 
Berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA, Senin, TNI AU mengerahkan Pesawat Cassa 212 A-2105 dari Skuadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pada Minggu (19/5).

 
 
Pesawat yang diawaki Lettu Pnb Bintang dan Lettu Pnb Arya melakukan penyemaian 800 KG NaCL Powder (garam) di ketinggian 7.000 hingga 10.000 kaki.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

 
 
 
 
5. Puan Maharani singgung pertemuan dengan Jokowi di World Water Forum

 
 
Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung soal pertemuannya dengan Presiden Jokowi pada Gala Dinner World Water Forum (WWF) Ke-10 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali.

 
 
“Ya, tidak gimana-gimana, ngomonginnya tentang World Water Forum,” ucap politisi PDI Perjuangan itu di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Senin.

 
 
Ketika ditanya obrolan lainnya di luar urusan perhelatan forum air dunia, Puan Maharani menyebut itu rahasia, yang pasti banyak obrolan yang terjalin diantara keduanya.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2024