Jakarta (ANTARA) — Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Karya Citra Nusantara (KCN) bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda, Jakarta Utara, dan Tim Pemadam Kebakaran, serta Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) menggelar simulasi penanggulangan kebakaran di Dermaga Kade 20 milik KCN, di Marunda, Jakarta Utara, Senin.

Dihubungi di sela-sela acara, Direktur Operasi KCN, Rinang P. Brata, menyampaikan simulasi ini menjadi bentuk kesiapan pihaknya dalam mengantisipasi kejadian kebakaran.

“Kita tentunya tidak mau itu (kebakaran) terjadi, tapi kita bersiap menghadapi yang terburuk,” ujarnya.

Dalam simulasi digambarkan, sejumlah personil pemadam kebakaran yang dikerahkan tampak bergegas berangkat menggunakan armada pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran, tepatnya di Dermaga Kade 20, KCN. 

Tim mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran ini bekerja sama dengan tim ambulans, serta dibantu personil gabungan dari TNI dan Polri, dan keamanan pelabuhan telah siaga terlebih dahulu melakukan penanganan pertama yakni mengamankan lokasi titik api dan melakukan penyemprotan fire extinguisher. Kemudian, api buatan pun akhirnya dapat dipadamkan, serta simulasi penyelamatan korban berjalan dengan baik. 

Dengan respon time yang cepat, Tim Pemadam Kebakaran dalam waktu beberapa menit sudah tiba di lokasi, langsung melakukan penyemprotan air melalui ladder truck. Tak lama, api buatan pun berhasil dipadamkan.

Rinang melanjutkan, simulasi penanggulangan kebakaran sangat penting sebagai upaya mitigasi penanggulangan bencana. 

“Tujuannya adalah memberikan kenyamanan bagi pengguna pelabuhan, dunia industri, dan pengamanan aset-aset yang ada,” tambahnya.

Simulasi juga merupakan bagian penting untuk mengedukasi seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan bersama.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024