Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora menarik yang terjadi pada Senin (20/5) dan dapat dibaca kembali pada hari ini. Berita diawali dengan tanggapan Presiden RI Joko Widodo soal Hari Kebangkitan Nasional hingga uji coba internet Starlink di tiga fasyankes.

Berita-berita menarik tersebut dirangkum dalam daftar berikut:

1. Presiden: Harkitnas ingatkan titik awal kebangsaan Indonesia  

Presiden RI Joko Widodo mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) mengingatkan pada titik awal kebangsaan Indonesia.

"Hari ini selalu mengingatkan kita pada titik awal kebangsaan sebagai negeri Indonesia," kata Presiden Joko Widodo.  

2. Kemenag: 60,21 persen jamaah haji peroleh layanan fast track   

Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan bahwa sebanyak 60,21 persen atau 128.450 dari jamaah calon haji Indonesia memperoleh layanan fast track pada penyelenggaraan Haji 1445 Hijiriah/2024 Masehi.   

"Layanan fast track untuk tahun ini diberikan kepada 128.450 calon haji atau 60,21 persen," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief.   

3. Jokowi ajak dunia wujudkan tata kelola air inklusif dan berkelanjutan  

Presiden RI Joko Widodo mengajak para kepala negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi Forum Air Sedunia atau World Water Forum Ke-10 sebagai momentum dalam mewujudkan tata kelola air yang inklusif dan berkelanjutan.

"Ini untuk meneguhkan komitmen dan merumuskan aksi nyata terkait pengelolaan air inklusif dan berkelanjutan," kata Presiden Joko Widodo.

4. Jamaah calon haji Indonesia mulai bergerak dari Madinah ke Mekah

Jamaah calon haji Indonesia mulai bergerak secara bergelombang dari Madinah ke Mekah, pada Senin, untuk persiapan menyambut puncak haji pada 9 Zulhijah.

"Alhamdulillah pagi jamaah haji yang diberangkatkan ke Makkah ada 392 orang yang tergabung dalam JKG 1, jamaah haji dari Jakarta Barat," kata Kepala Daerah Kerja Madinah Ali Machzumi

5. Kemenkes mulai uji coba internet Starlink di tiga fasyankes

Kementerian Kesehatan memulai uji coba teknologi internet kecepatan tinggi dari Starlink, penyedia layanan internet dari SpaceX, di tiga fasyankes, yaitu Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumerta Kelod Denpasar, Pustu Bungbungan Klungkung, dan Puskesmas Tabarfane, Kepulauan Aru, Maluku.

"Kita memang memiliki 10 ribu Puskesmas yang sekarang kita digitalisasi, agar layanan-layanan yang sebelumnya tidak bisa disampaikan di Puskesmas, yang sulit diakses oleh masyarakat, dengan adanya Starlink jadi bisa diakses, sehingga layanannya tidak jauh berbeda dengan wilayah perkotaan," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2024