Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu mengevakuasi ular sanca sepanjang lima meter di area Pantai Sunrise, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Selasa.

"Kami menerima laporan dari Kelurahan Pulau Panggang yang melihat ada seekor ular sanca, melintas di area Pantai Sunrise, Pulau Pramuka," kata Kepala Sektor 7 Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Yuli Syahroni di Jakarta.

Pihaknya langsung menindaklanjuti laporan tersebut dan menerjunkan empat personel berikut satu unit perahu penyelamat (boat rescue) ke lokasi untuk lakukan evakuasi.

"Personel langsung menuju lokasi untuk melakukan penanganan ular," katanya.

Ia mengatakan ular tersebut berhasil dievakuasi berkat bantuan warga dan kemudian dibawa ke Pos Pulau Karya agar tidak membahayakan warga.

"Ini ular jenis sanca kembang berhasil diamankan dan dalam waktu sekitar 20 menit berhasil dievakuasi petugas," kata dia

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang Muhammad Fakih Burhanudin mengatakan orang pertama kali melihat adanya ular tersebut adalah pembantu rumah tangga tetangganya saat sedang membersihkan halaman depan rumahnya.

"Kami ucapkan terima kasih pada Sudin Gulkarmat yang merespons cepat laporan sehingga ular ini cepat diamankan dan tidak membahayakan warga," kata dia.

Baca juga: Gulkarmat Jaksel evakuasi ular sanca panjang 4,5 meter 
Baca juga: Sebuah rumah di Matraman diduga jadi sarang ular sanca

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024