Situbondo (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim), mulai hari ini menerima tempat pakaian/barang atau koper dari calon haji untuk segera dikirim ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Ratusan koper calon haji asal Situbondo ini dijadwalkan pada Kamis 23 Mei 2024 sudah masuk ke Asrama haji Sukolilo Surabaya, sebelum calon haji diberangkatkan dari Situbondo pada 24 Mei mendatang.

"Koper milik ratusan calon haji ini harus disetorkan mulai hari ini sampai dengan hari Rabu (22/5) besok, karena pada Kamis (23/5) kami kirim ke Sukolilo," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Situbondo Fandi kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Menurut dia, masing-masing koper berisi pakaian dan barang yang diperlukan para calon haji tidak boleh melebihi dari 32 kilogram. Petugas haji Kemenag kata Fandi, hanya melakukan penimbangan koper  calon haji agar tidak sampai melebihi 32 kilogram.

Baca juga: Barang bawaan haji terpaksa ditinggal karena lampaui batas maksimal

"Kalau koper barang bawaan calon haji melebihi dari 32 kilogram, maka barang di dalam koper harus dikurangi," katanya.

Fandi kembali mengingatkan kepada ratusan calon haji untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang, antara lain benda tajam, cairan yang melebihi 100 mililiter, korek api, dan barang-barang elektronik seperti alat memasak nasi dan pemasak air.

"Yang seringkali ditemukan banyak calon haji yang membawa rice cooker dan pemasak air listrik, itu dilarang," ujarnya. 

Baca juga: Kemenag Batang izinkan koper calon haji diberi tanda khusus

Fandi menambahkan obat-obatan yang dibawa calon haji ke Tanah Suci Mekkah harus dilaporkan ke petugas untuk kemudian dilakukan registrasi. "Karena kalau tidak diregistrasi, maka obat-obatan tersebut akan disita oleh petugas karena belum registrasi," katanya.

Kemenag Kabupaten Situbondo memastikan ada 863 calon haji siap diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada 24 Mei mendatang. Mereka dibagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni Kloter 53, Kloter 54, dan Kloter 55.

Kloter 53 tercatat ada sebanyak 366 calon haji, Kloter 54 sebanyak 366 calon haji ditambah dengan lima orang pendamping. Sedangkan Kloter 55 ada sebanyak 129 calon haji dan dijadwalkan diberangkatkan dari Situbondo pada Jumat 24 Mei 2024. Kloter 55 akan berangkat sekitar pukul 14:00 WIB gabung dengan calon haji dari Kota Blitar dan Sidoarjo.

Baca juga: Sebanyak 863 jamaah calon haji Situbondo siap diberangkatkan

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024