Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menambah rangkaian kereta pada beberapa KA jarak jauh menjelang libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Hari Raya Waisak yang jatuh pada 23 Mei 2024.

"Ada penambahan kereta kelas eksekutif pada KA Ranggajati dan KA Wijayakusua, serta penambahan kereta kelas bisnis pada KA Logawa," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro di Jember, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya menyediakan sebanyak 37.556 tempat duduk pada libur Hari Raya Waisak dirangkai dengan cuti bersama dan libur akhir pekan ini.

Kapasitas kereta api yang berangkat dari Daop 9 Jember selama lima hari sejak Rabu (22/5) hingga Minggu (26/5) tercatat meningkat 496 tempat duduk dibandingkan libur panjang akhir pekan lalu saat libur Kenaikan Isa Al Masih pada 8-12 Mei 2024 yang hanya tersedia 37.060 tempat duduk.

"Untuk tambahan kereta kelas eksekutif tidak tersedia setiap hari melainkan pada tanggal tertentu yakni KA Ranggajati tambahan kereta tersedia untuk keberangkatan Kamis (23/5) dan Minggu (26/5) dari Stasiun Jember tujuan Cirebon," tuturnya.

Sedangkan tambahan kereta kelas eksekutif pada KA Wijayakusuma tersedia di hari Rabu (22/5), Jumat (24/5) dan Minggu (26/5) untuk keberangkatan dari Stasiun Ketapang tujuan Cilacap.

"Sedangkan untuk KA Logawa dari Stasiun Jember tujuan Purwokerto yang biasanya sekali jalan membawa tiga kereta kelas bisnis, mulai hari Kamis (23/5) hingga Minggu (26/5) akan membawa empat kereta kelas bisnis," katanya.

Cahyo menjelaskan pihak KAI Daop 9 Jember mengingatkan para penumpang yang akan bepergian dengan kereta api pada libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak untuk mematuhi ketentuan yakni saat boarding harus dapat menunjukkan identitas sesuai dengan yang tertera pada tiket kereta api.

"Jika penumpang tidak dapat menunjukkan identitas yang sesuai, maka penumpang tersebut tidak dizinkan naik di dalam kereta, atau jika ketahuan di dalam kereta maka akan diturunkan pada kesempatan pertama," ujarnya.

Berdasarkan data, sampai dengan Selasa ini, tiket yang sudah terjual untuk keberangkatan Daop 9 Jember selama lima hari, mulai Rabu (22/5) sampai Minggu (26/5) mencapai 33.692 tiket atau sudah terjual 90 persen jika dibandingkan kapasitas yang disediakan sebanyak 37.556 tempat duduk.

Baca juga: BB TNBTS siapkan skema tambah kuota wisatawan Bromo saat libur Waisak
Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya siapkan 27.226 tempat duduk pada libur Waisak 2024
Baca juga: Polri antisipasi "long weekend" saat World Water Forum berlangsung

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024