Manado (ANTARA) - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya menyebutkan komandan satuan atau Dansat harus mampu menjadi contoh yang baik para prajuritnya.

"Setiap Dansat harus mampu menjadi contoh dan teladan yang baik bagi para prajuritnya,” kata Pangdam saat membuka Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar Tahun 2024 Kodam XIII/Merdeka, di Manado, Selasa.

Pangdam Candra Wijaya, menyampaikan bahwa melalui AKS ini, kita tingkatkan profesionalisme prajurit guna mewujudkan pertahanan yang tangguh untuk Indonesia Maju di wilayah Kodam XIII/Merdeka.

“Oleh karenanya, dibutuhkan komitmen dari para Dansat untuk mengoptimalkan Pembinaan Satuan (Binsat) demi mewujudkan satuan dan prajurit yang PRIMA (profesionalisme, responsif, integratif, modern dan adaptif) sehingga siap operasional mendukung tugas pokok TNI AD,” katanya.

Ia menambahkan, di sini peran seorang Dansat diuji, apakah saudara-saudara mampu memaksimalkan potensi pengetahuan dan kemampuan yang saudara miliki.

"Dan apakah kalian mampu membuat kebijakan Binsat yang terbaik, yang dapat mengoptimalkan potensi satuan," katanya.

Ia menambahkan ingat, komitmen Binsat harus terus kita pegang teguh, guna memantapkan dan meningkatkan kualitas satuan melalui kepemimpinan yang efektif dan efisien.


Hadir pada AKS tersebut Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, para pejabat utama Kodam XIII/Merdeka, para Danrem, Danrindam, para Dansat jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024