Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur telah 
memeriksa kesehatan sebanyak 2.241 hewan kurban yang tersebar di 24 lokasi penampungan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Hingga 20 Mei 2024, sudah ada 2.241 hewan kurban yang diperiksa dari 24 lokasi penampungan. Angka ini akan terus bertambah hingga jelang H-1 Idul Adha," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas (Sudin) KPKP Jakarta Timur, Theresia Ellita di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pihaknya mengerahkan 36 personel untuk melakukan pemeriksaan. Setiap hari mereka disebar ke lokasi penampungan di 10 wilayah kecamatan.

Theresia menuturkan, pemeriksaan hewan kurban ini masih bersifat sporadik sesuai laporan masyarakat. Namun, untuk pemeriksaan secara intensif baru akan dilakukan mulai pekan depan dengan menurunkan 45 personel setiap harinya.

Baca juga: DKI periksa tempat penjualan hewan kurban mulai awal Juni 2024

Sudin KPKP Jakarta Timur (Jaktim) juga akan terus mendata dan menghimpun lokasi penampungan hewan kurban untuk didatangi dan diperiksa hewan kurbannya.

"Kami akan menyiapkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) jika yang diperiksanya dalam kondisi sehat. Kami juga akan meminta SKKH dari daerah asal hewan kurban tersebut dari para pedagang," ujarnya.

​​​​​Dinas KPKP DKI Jakarta juga mulai memeriksa kesehatan dan kelayakan ribuan hewan kurban yang masuk ke Jakarta menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.

"Sampai 20 Mei 2024, sebanyak 2.487 ekor hewan yang masuk ke Jakarta telah diperiksa kesehatannya untuk memastikan seluruhnya aman dikonsumsi saat Idul Adha 1445 Hijriah," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dihubungi di Jakarta, Senin (20/5).

Suhari menyebutkan, dalam rangka pengendalian Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS), pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban mencakup kondisi fisik dan kecukupan umur di Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK) di lima wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta.

Baca juga: DKI mulai periksa kesehatan dan kelayakan hewan kurban

Sebanyak 2.487 hewan kurban yang diperiksa tersebut terdiri dari 2.150 sapi, 17 kerbau dan 320 kambing atau domba. Hewan kurban itu berasa dari Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali dan Nusa Tenggara Barat.

"Apabila ada hewan yang sakit, petugas akan memberikan layanan pengobatan secara gratis," ujar Suharini.

Selain pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban, petugas Dinas KPKP DKI Jakarta juga melaksanakan pemeriksaan dokumen lalu lintas, pengawasan terkait kelayakan TPnHK
mencakup sarana pemeliharaan seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi.

Lalu, melaksanakan pengebalan populasi terhadap ternak ruminansia di DKI Jakarta dengan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), "Lumpy Skin Disease" (LSD) dan antraks.
Baca juga: Jelang Idul Adha, diperkirakan 63 ribu hewan kurban masuk DKI Jakarta

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024