Ambon (ANTARA) - Ororitas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku minta pihak Industri Jasa Keuangan (IJK) memberikan kemudahan akses layanan bagi penyandang disabilitas.

"Seluruh industri jasa keuangan harus membantu kaum disabilitas dalam mendapatkan akses layanan keuangan secara langsung, terutama layanan perbankan, " kata Kepala. OJK Provinsi Maluku, Ronny Nazra di Ambon, Selasa.

OJK katanya, telah memiliki aturan yang mengatur bahwa seluruh pelayanan yang diberikan oleh lembaga jasa keuangan khususnya perbankan harus ramah dengan kaum disabilitas.

Selain itu produk yang dimiliki seperti tabungan, kredit atau lainnya, para penyandang disabilitas juga mempunyai hak yang sama.

"Bahkan di bank sudah dibuatkan fasilitas khusus untuk memudahkan kaum disabilitas mengakses, misalnya, petunjuk dalam ruangan perbankan, juga ada pelatihan terhadap petugas untuk bisa memberikan perlakuan khusus bagi penyandang disabilitas, dengan memberikan kesempatan tempat duduk dan layanan khusus, " katanya.

Ia menyatakan, pihak perbankan juga harus memiliki standar pelayanan dan infrastruktur yang memudahkan kaum disabilitas agar dapat mengakses layanan keuangan baik produk simpanan maupun dukungan modal usaha berupa kredit/pembiayaan bagi pelaku UMKM disabilitas.

Ia menjelaskan, literasi keuangan bagi penyandang disabilitas tidak hanya meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan pribadi, tetapi juga membuka peluang untuk berpartisipasi lebih aktif dalam ekonomi digital.

"Hal ini adalah langkah penting menuju inklusi keuangan yang baik, " ujarnya.

Saat ini katanya, para penyandang disabilitas seakan dimarjinalkan,dan tidak diperhitungkan dalam banyak kesempatan.

"Karena itu melalui kegiatan literasi dan edukasi keuangan, mereka pun tidak kalah sama dengan masyarakat lainnya. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengedukasi mereka agar dapat memanfaatkan program OJK melalui jasa perbankan yang tentunya membawa keuntungan bagi mereka ke depan, " katanya.

OJK Maluku menyampaikan terima kasih dukungan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Maluku Maluku Utara berupa pembukaan rekening tabungan kepada seluruh peserta kegiatan edukasi dan literasi keuangan.

Serta penyaluran kredit usaha kepada penyandang disabilitas oleh Bank BRI Kantor Cabang Ambon.

Baca juga: OJK Maluku tingkatkan literasi keuangan masyarakat di Pulau Banda 
Baca juga: OJK sosialisasi Tindak Pidana Sektor Jasa Keuangan di Provinsi Maluku

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024