Surabaya (ANTARA) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur bersama asosiasi pengusaha Provinsi Guangdong, China sepakat menandatangani kerja sama terkait dengan program pertukaran ekonomi bersama, investasi, teknologi dan kolaborasi.
 
Ketua DPP Apindo Jawa Timur Eddy Widjanarko dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa mengatakan penandatanganan kerja sama ini dilakukan bersama dengan rangkaian kunjungan Dewan Pengurus Nasional (DPN) Apindo, yang dipimpin Shinta W. Kamdani ke China.
 
"Dan khusus dengan Apindo Jatim, kami bekerja sama dengan asosiasi pengusaha dengan nama Guangdong Entreprenuers Corporation and Development Promotion Association," kata Eddy.
 
Secara khusus kerja sama ini dalam rangka memperdalam saling pengertian dan persahabatan serta kerja sama dalam memajukan program pertukaran ekonomi, investasi, teknologi dan kolaborasi untuk saling berkontribusi terhadap perkembangan kedua belah pihak.
 
"Kedua belah pihak akan memberikan program inovasi kolaborasi untuk mengembangkan perekonomian yang maju melalui program pertukaran, investasi, teknologi dan kolaborasi di masing-masing wilayah negara mitra," ujar Eddy.
 
Sejalan dengan kebijakan ini, kedua belah pihak memfokuskan upaya di berbagai bidang di antaranya proyek pertukaran ekonomi seperti peluang pencocokan bisnis, investasi dan peningkatan penerapan teknologi modern untuk mendukung industri, energi terbarukan dan pertanian untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.
 
"Selain itu, kedua belah pihak saling membantu semaksimal mungkin ketika perusahaan yang berbasis di negara atau wilayah salah satu pihak berencana untuk memperkenalkan atau memperluas investasi mereka di Indonesia dan China," kata Eddy.
 
Kedua belah pihak juga bekerja sama untuk memfasilitasi promosi perdagangan internasional pertukaran antar daerah seperti pameran dan expo.
 
Dari Guangdong Entreprenuers Corporation and Development Promotion Association, penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Li Xiao Yang.
 
Mereka juga menyambut baik kerja sama dengan Apindo Jatim dan melihat potensi kerjasama yang besar antara kedua belah pihak.
 
Guangdong adalah provinsi dengan ekonomi, populasi, dan perdagangan luar negeri yang besar. Pada tahun 2023, GDP mencapai 13.57 triliun Yuan, sekitar 1/10 dari total nasional, dan juga memimpin di seluruh negara selama 35 tahun berturut-turut.
 
Jumlah total subjek usaha telah melebihi 18 juta pengguna, termasuk 7,8 juta perusahaan yang telah menyumbang sekitar 1/7 dari total nasional. Guangdong juga telah mengeluarkan kebijakan dan langkah-langkah yang menguntungkan untuk menjaga ekspektasi pertumbuhan, dan stabilitas lapangan kerja.
 
Mereka juga berfokus pada ekspansi investasi, mendorong konsumsi, menstabilkan perdagangan luar negeri, serta berupaya keras mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen pada tahun 2024.

Baca juga: Apindo menggandeng tiga kampus naikkan kelas UMKM Jatim
Baca juga: Khofifah ajak Apindo pertahankan keharmonisan ekonomi Jatim
Baca juga: Apindo Jatim dorong munculnya inkubator bisnis di Gresik

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024