Jakarta (ANTARA) -
PT Sucofindo menyediakan layanan Testing, Inspection, Certification (TIC) untuk mendukung daerah mewujudkan keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan pembangunan ekonomi.
 
“Melalui layanan TIC tersebut, Sucofindo mampu memberikan jaminan terhadap pelaku usaha dan pemerintah setempat dalam menjaga kualitas, dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, keamanan dan keberlanjutan lingkungan. Dan kami berharap layanan kami mampu mendukung Pendapatan Asli Daerah dan penerimaan pajak,” kata Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda di Jakarta, Selasa.
 
Kehadiran cabang Sucofindo di Kendari, Sulawesi Tenggara, diharapkan dapat mendukung pembangunan ekonomi Sulawesi Tenggara dan mewujudkan wilayah tersebut menjadi bagian Indonesia Emas 2045, melalui layanan TIC.
 
Adapun layanan TIC Sucofindo Cabang Kendari, seperti pertambangan khususnya nikel dan bahan tambang lainnya; Sertifikasi Halal; Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).
 
Layanan TIC juga mencakup Konsultansi Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), layanan inspeksi, pengujian, serta layanan lingkungan lainnya, Industri Hijau dan karbon kredit (sesuai dengan peranan Sucofindo sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) terakreditasi untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK), dan jasa Testing, Inspection, Certification (TIC) lainnya pendukung keberlanjutan lingkungan.
 
Tidak hanya berfokus kepada layanan pertambangan, menurut Jobi, Sucofindo Cabang Kendari dan Kantor Layanan Morowali mampu mengoptimalisasikan melalui layanan laboratorium lingkungan, dan ini menjadi laboratorium lingkungan satu-satunya di Kendari.
 
Selain itu, Sucofindo Cabang Kendari mampu melayani Layanan Pengujian kualitas, Inspeksi infrastruktur, ISO Series, layanan pendukung proper, pelatihan, dan
pengembangan teknologi, seperti SPARING (Sistem pemantauan kandungan Limbah yang akan dibuang ke Sungai menggunakan sensor), CEMS (Sistem pemantauan kandungan Limbah udara menggunakan sensor), ONLIMO (Sistem pemantauan Sungai menggunakan sensor).
 
Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto menuturkan potensi Sulawesi Tenggara utamanya antara lain di bidang pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata.
 
Oleh karena itu, peran PT Sucofindo dibutuhkan untuk membantu meningkatkan daya saing pelaku usaha di wilayah Kendari, meningkatkan ekonomi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk kesejahteraan masyarakat.
 
Selain itu, Andap berharap bahwa Sucofindo dapat membuka seluas-luasnya untuk penyerapan tenaga kerja dan membuka kesempatan kepada penyandang disabilitas dari putra-putri Sulawesi Tenggara.
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024