Beijing (ANTARA) - Badan perencana ekonomi utama China telah menyetujui 50 proyek investasi aset tetap senilai 320,7 miliar yuan (sekitar Rp708,04 triliun) dalam empat bulan pertama 2024.

Proyek-proyek itu utamanya berfokus pada industri teknologi tinggi dan konservasi air, demikian disampaikan Juru Bicara Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) China Li Chao kepada pers di Beijing, ibu kota China, pada Selasa (21/5).

Pada April saja, NDRC telah menyetujui 20 proyek investasi aset tetap senilai 115,2 miliar yuan, urai Li.

Dari Januari hingga April tahun ini, investasi aset tetap negara itu meningkat 4,2 persen secara tahunan (year on year) menjadi 14,34 triliun yuan, yang ditopang oleh sejumlah kebijakan pemerintah China yang dirancang untuk memperluas investasi yang efektif.

Didorong oleh sejumlah kebijakan pemerintah, investasi dalam pembaruan peralatan berskala besar membukukan ekspansi yang relatif pesat.

Dalam periode tersebut, investasi pada peralatan dan instrumen melonjak 17,2 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, sekaligus 13 poin persentase lebih tinggi dari laju pertumbuhan investasi secara keseluruhan.

Ke depan, berbagai upaya akan dilakukan untuk sepenuhnya memanfaatkan peran entitas pasar dan memandu perusahaan-perusahaan swasta untuk berinvestasi dan secara aktif berpartisipasi dalam pembaruan peralatan dan tukar tambah barang-barang konsumen, ujar Li.  

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2024