Pekanbaru, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menetapkan menargetkan partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah(Pilkada) gubernur dan wakil gubernur tahun 2024 meningkat hingga 80 persen atau naik dibanding Pilkada 2018 yang hanya 59 persen.

Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Rabu, mengungkapkan keyakinannya bahwa pengalaman dalam menyelenggarakan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024 memberikan bekal yang cukup untuk mempersiapkan Pilkada tahun ini dengan lebih baik.

"Kita memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan dan melaksanakan tahapan pemilihan gubernur tahun 2024 ini jauh lebih baik dibanding dengan pelaksanaan Pilkada sebelumnya," jelasnya.

Untuk mencapai target ini, lanjutnya KPU Riau telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran demokrasi di kalangan masyarakat. Sosialisasi terus digencarkan agar pelaksanaan pemilihan dapat lebih baik dari sebelumnya.

Rusidi menekankan pentingnya sinergi dan tanggung jawab bersama untuk menyukseskan Pilkada di Provinsi Riau. Ia mengajak semua pemangku kepentingan dan elemen masyarakat untuk saling mendukung demi kesuksesan pemilihan kepala daerah.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam mendukung pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2024. Kami sangat menyadari betul bahwa suksesnya pelaksanaan pemilihan ini harus kita dukung bersama dan bahu-membahu sesuai dengan kewenangan kita masing-masing," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Mochammad Afifuddin,  berharap agar pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Riau dapat berjalan lancar dan sukses. Ia menekankan pentingnya memilih pemimpin berkualitas yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita berharap semua proses Pilkada nanti berjalan sukses, 27 November bisa berjalan lancar dan pada akhirnya kita punya pemimpin yang berkualitas bisa menyejahterakan kita semua," harap Afifuddin.

Dengan segala persiapan dan dukungan yang ada, KPU Riau optimis target partisipasi pemilih yang lebih tinggi dapat tercapai, sehingga menghasilkan pemimpin yang mampu membawa Provinsi Riau menuju kesejahteraan yang lebih baik.

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera Luciana
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024