Jakarta (ANTARA) - Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kepulauan Seribu memberikan edukasi menangkal peredaran narkoba di kalangan siswa sekolah bertempat di SMA Negeri 69 Jakarta.

"Masalah narkoba itu merupakan tanggung jawab kita semua, baik pemerintah, aparat keamanan, media massa maupun masyarakat," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kepulauan Seribu, Alawi di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan ada 85 siswa SMA Negeri 69 Jakarta mendapat edukasi  melalui kegiatan berjudul Peningkatan Pencegahan Peredaran Penanggulangan dan Penyalahgunaan Narkotika Tahun 2024 di Pulau Pramuka.

Menurut dia kegiatan ini dilakukan dalam rangka menambah wawasan dan menjaga kondisi lingkungan di Kepulauan Seribu agar bebas dari narkotika.

Ia mengatakan ini upaya dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang sejahtera dan bebas dari narkotika, serta melindungi generasi muda dari penyalahgunaan narkotika.

"Kami berharap siswa dapat berperan aktif dalam upaya mencegah, menangkal dan mampu meningkatkan deteksi dini, cegah dini dan laporkan cepat kepada aparat keamanan bila ada peredaran narkotika di wilayah tempat tinggal," katanya

Sementara itu Kepala Suku Badan Kesbangpol Kepulauan Seribu, Achmad Yani Rivai Yusuf mengatakan pihaknya memberikan siswa materi terkait berbagai upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk mencegah peredaran narkotika.

"Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mencegah penyalahgunaan bahaya narkotika dan materi meningkatkan partisipasi siswa dalam mencegah peredaran narkoba, serta dialog interaksi komunikasi bersama narasumber," kata dia.
Baca juga: Kasus oknum polisi pakai narkoba, Polda Metro Jaya: Direhabilitasi
Baca juga: Pengungkapan pabrik narkotika selamatkan uang negara Rp1,3 triliun
Baca juga: Polisi bongkar pabrik narkotika rumahan di Bogor

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024