Kupang (ANTARA) - Seorang perwira Polri di Polda NTT AKBP Agustinus Christmas mendapatkan penghargaan istimewa dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) NTT karena dedikasinya dalam memajukan industri kopi dan memberdayakan usaha kecil menengah (UKM) di NTT.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy kepada ANTARA di Kupang, Rabu mengatakan bahwa penghargaan yang diperoleh tersebut memang layak karena di luar tugas pokoknya AKBP Agustinus telah sukseskan program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Salah satu bentuknya dengan turut mendukung giat UMKM produk-produk lokal dengan mengelola komoditas kopi lokal menjadi kopi yang berkelas dan bernilai ekonomis tinggi,” katanya.

Tak hanya itu kehadirannya di tengah masyarakat juga turut memberikan motivasi dan pelatihan kepada enterpreneuer-enterpreneuer muda yang bergerak di bidang usaha cafe, sehingga kopi-kopi lokal semakin dikenal luas dan berkelas.

Ariasandy Pimpinan Polri khususnya Kapolda NTT Irjen Po Diniel T Monang yang sempat hadir dalam proses penyerahan penghargaan tersebut di Kupang mengapresiasi prestasi yang diperoleh AKBP Agustinus yang juga menjabat sebagai Wadir intel Polda NTT.

“Penghargaan yang diperoleh AKBP Agustinus diharapkan bisa mendorong lebih banyak lagi anggota Polri di NTT untuk berkontribusi positif terhadap upaya peningkatan ekonomi rakyat,” tambah dia.

Agustinus Chirstmas dinilai telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam mempromosikan kopi lokal dan menggerakkan industri kecil kopi di NTT.

Dia disebut oleh Kadin NTT tidak hanya bekerja keras dalam meningkatkan kualitas produksi kopi, tetapi juga dalam memperkuat komunitas petani kopi dengan pelatihan dan dukungan yang berkelanjutan.

Sebagai seorang perwira polisi yang juga seorang pemerhati kopi, Agustinus Chirstmas telah memprakarsai berbagai program pelatihan dan bimbingan teknis bagi pelaku UMKM daerah di NTT.

Penghargaan yang diberikan kepada Agustinus Chirstmas menegaskan pentingnya kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat.

“Keberhasilan ini juga mencerminkan potensi besar yang dimiliki NTT dalam industri kopi, yang dapat terus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat lokal,” ujar dia.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024