Sleman (ANTARA News) - Direktorat Lalu lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta tidak akan melakukan penutupan ruas jalan di wilayah setempat pada saat perayaan malam Tahun Baru 2014.

"Meski tidak ada penutupan ruas jalan, kami tetap akan melakukan pengaturan sesuai dengan kondisi di lapangan," kata Direktur Lalu linta Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Pol Nasri Wiharto, Senin.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan rekayasa pengaturan arus lalu lintas, khususnya di kawasan yang menjadi konsentrasi masyarakat seperti Malioboro untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas.

"Tetap akan ada pengaturan arus lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan," katanya.

Ia mengatakan tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada Malam Tahun Baru 2014 semua akses jalan di Yogyakarta akan dibuka, namun pengguna jalan harus mengikuti rambu maupun papan-papan petunjuk arah yang sudah dipasang di lokasi-lokasi strategis.

"Selain papan petunjuk arah, juga terdapat personel polisi yang berjaga di setiap titik. Nantinya petugas jaga tersebut akan mengarahkan arus lalu lintas," katanya.

Nasri mengatakan tidak adanya penutupan ruas jalan tersebut agar para wisatawan yang khusus ingin menyambut Malam Tahun Baru 2014 di Yogyakarta dapat menikmati lokasi-lokasi yang diinginkan.

"Meski demikian kami imbau dan harapkan agar para pengunjung yang membawa kendaraan agar tetap mengutamakan keselamatan berkendara. Selain itu juga harus menaati rambu-rambu lalu lintas yang ada," katanya.

Ia mengatakan kelayakan kendaraan bermotor harus menjadi pertimbangan utama demi keselamatan dalam berlalu lintas.

"Cek dulu kendaraan, fisik dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Utamakan keselamatan berlalu lintas itu yang harus terus diterapkan setiap pengendara, baik pribadi maupun angkutan umum," katanya.

(V001/I007)

Pewarta: Victorianus SP
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013