Jakarta (ANTARA News) - Manchester City akhirnya mengemas tiga poin dari pertandingan pertama Liga Premier tahun ini di Liberty Stadium, kandang Swansea City, setelah menundukkan tuan rumah Swansea 3-2.

Pada babak pertama City yang tampil dominan dengan menguasai 52 persen distribusi bola, dan kesempatan menciptakan peluang, unggul pada menit 14.

Fernandinho menyambut sebuah tendangan penjuru dengan tendangan kaki kanannya yang mengarahkan bola ke sudut kiri bawah gawang Swansea yang dijaga Gerhard Tremmel.  1-0 untuk City!

City tampaknya akan memenangi babak pertama ini, namun tepat pada menit 45, tuan rumah membatalkan keunggulan City tersebut.

Umpan silang Jonathan De Guzman dengan sempurna dikonversi menjadi gol oleh satu sundulan akurat dari Wilfried Bony yang melompat di bawah kawalan Vincent Kompany dan Pablo Zabavaleta. 

Kendati berbau off side gol ini membuat kedudukan pun berubah 1-1, dan tidak berubah sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, City kian bernafsu mendapatkan tiga poin untuk berada di puncak klasemen Liga Premier.  Namun upayanya diimbangi dengan perlawanan sengit Swansea.

Pada menit 58, Yaya Toure menciptakan gol kedua City setelah melepaskan tendangan maut dari kaki kanannya ke arah sudut kiri bawah gawang Swansea.

Delapan menit kemudian pada menit 66, Aleksander Koralov menciptakan gol ketiga City lewat tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti yang lurus menyasar tengah gawang Gerhard Tremmel.

City terus menekan, namun Swansea juga bernafsu mengejar ketertinggalan, bahkan upaya menciptakan gol dari Swanse melebihi City dengan 15 upaya, melawan 14 yang diciptakan City.

Sebaliknya City berubah keras, dan tertekan pada babak kedua ini. Beruntung Swansea gagal menciptakan gol, sampai kemudian Wilfried Bony kembali menciptakan gol pada menit-menit terakhir untuk membuat keadaan menjadi 3-2.

Swansea berusaha mengatasi defisit gol pada empat menit waktu tambahan, namun gol kedua Bony pada menit 90 itu menjadi gol pamangkus Swansea yang tak berhasil menyelamatkan timnya dari kekalahan. 

Ini adalah kemenangan tandang back to back pertama Manchester City di bawah kepelatihan Manuel Pellegrini. Prestasi serupa dicatat City pada 29 Desember 2012 dan 13 Januari 2013, yang menang melawan Norwich, kemudian Arsenal.

City pun melengserkan Arsenal di puncak klasemen dengan 44 poin.  The Gunners bisa mengambilalih kembali puncak klasemen jika memenangi laga melawan tamunya Cardiff City yang juga berlangsung malam ini.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014