Solo (ANTARA) - Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta menambah fasilitas untuk kenyamanan penumpang berupa ruang tunggu eksekutif bagi penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono di Solo, Jawa Tengah, Senin mengatakan rencananya ruang tunggu yang berada tepat di shelter penurunan itu akan mulai dioperasikan dalam dua bulan mendatang.

"Saat ini masih dalam proses pengerjaan, targetnya dalam dua bulan mendatang sudah mulai bisa dioperasikan. Ruangan ini nantinya akan kami khususkan bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan bus AKAP dari Terminal Tirtonadi," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya juga akan melakukan penataan bagi agen tiket yang ada di kawasan tersebut.

"Agen tiket di Terminal Tirtonadi ini ada puluhan jumlah PO-nya, dengan berbagai tujuan di seluruh Jawa, Bali, dan Sumatera. Oleh karena itu, agar sirkulasi orang maupun bus tertata dengan baik, perlu dilakukan pengaturan ulang dan penataan loket pembelian tiket, ruang tunggu, dan pintu khusus keberangkatan," katanya.

Sementara itu, dalam kurun waktu setahun terakhir, pihaknya berupaya menghadirkan berbagai fasilitas tambahan. Beberapa fasilitas tambahan tersebut, di antaranya pojok baca digital, taman lalulintas portable, dan penataan pedagang oprokan sisi timur.

"Termasuk penambahan ruang tunggu eksekutif dari PO EKA MIRA dan PO Sumber Selamat di pintu keluar timur ini," katanya.

Dengan penambahan berbagai fasilitas tersebut, pihaknya berharap penumpang makin merasa nyaman.

"Dengan demikian, tingkat kunjungan di Terminal Tirtonadi makin meningkat dan transportasi umum khususnya bus bisa kembali merebut hati masyarakat," katanya.

Baca juga: Terminal Tirtonadi pastikan PO dapat layani seluruh penumpang
Baca juga: Kemenhub fasilitasi disabilitas ikut milir gratis dari Tirtonadi Solo
Baca juga: Petugas temukan pelanggaran administrasi pada ramcek di Tirtonadi 

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024