Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Desa IV Suku Menanti, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu berhasil masuk 50 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024 yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Camat Sindang Dataran Anton Seprizal saat berada di Pemkab Rejang Lebong, Senin, mengatakan Desa IV Suku Menanti merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Sindang Dataran, di mana desa ini memiliki potensi wisata unggulan berupa air terjun dan agrowisata berupa perkebunan apel dan jeruk.

"Alhamdulillah pada Minggu malam tanggal 26 Mei kemarin, Desa IV Suku Menanti berhasil masuk 50 besar ADWI Tahun 2024," kata dia.

Dia menjelaskan, pengumuman 50 besar penilaian ADWI Tahun 2024 itu sendiri dibacakan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di website jejaring desa wisata (jadesta) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Keberhasilan Desa Wisata IV Suku Menanti untuk masuk dalam 50 besar ADWI 2024 tersebut, kata dia, sudah mereka mulai pada Tahun 2023 lalu saat desa itu mengikuti lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu dan mendapat juara I.

Setelah berhasil menjadi juara di penilaian desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu, Desa IV Suku Menanti kemudian mengikuti penilaian ADWI Tahun 2024 bersama dengan desa wisata lainnya di Provinsi Bengkulu.

Menurut dia, Desa Wisata IV Suku Menanti memiliki sejumlah wisata unggulan mulai dari agrowisata seperti perkebunan apel yang merupakan perkebunan apel satu-satunya di Provinsi Bengkulu.

Sedangkan agrowisata lainnya ialah perkebunan jeruk dan kampung kopi. Selanjutnya potensi wisata alam berupa Air Terjun Pemandian Punai yang di dalam satu kompleknya terdapat beberapa air terjun.

"Seluruh potensi wisata yang dimiliki Desa IV Suku Menanti ini semuanya sudah terintegrasi dengan BUMDes Air Lang Jaya, yaitu BUMDes miliki Desa IV Suku Menanti," terangnya.

Setelah berhasil masuk 50 besar ADWI Tahun 2024 pihaknya, tambah dia, akan mempersiapkan untuk penilaian selanjutnya termasuk untuk kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, karena jika berkaca dari Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi yang pada Tahun 2022 lalu masuk 50 besar dikunjungi langsung oleh Menparekraf.

Sejauh ini pihaknya belum mengetahui secara pasti kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno ke desa yang masuk dalam 50 ADWI Tahun 2024. Pihaknya menunggu informasi dari pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong maupun Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Desa IV Suku Menanti wakili Bengkulu di penilaian 100 besar ADWI 2024
Baca juga: Desa Wisata Batu Putih Bawah Bitung masuk 50 besar ADWI 2024
Baca juga: Tiga desa wisata Sumbar masuk 50 besar ADWI 2024

 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024