Jakarta (ANTARA) - Aktor Byran Domani mengaku dibantu oleh Umay Shahab saat belajar berbicara menggunakan dialek Betawi untuk mendalami tokoh yang diperankannya selama syuting film "Temurun".

"Umay ngajarin kita (dialek Betawi), Umay ngajarin aku dan Yayas (Yasamin Jasem)," kata Bryan saat konferensi pers film "Temurun" di Karet Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin.

Bryan bercerita selama proses pembacaan naskah bersama sutradara dan para pemeran, Umay yang bertindak sebagai produser film tersebut mengajarinya cara menyebutkan beberapa kata dalam dialek Betawi.

Baca juga: Film horor "Temurun" rilis trailer dan poster resminya

Dalam film "Temurun" berperan sebagai tokoh Sena yang dalam kesehariannya berbicara dengan dialek Betawi, begitu juga dengan aktris Yasamin Jasem yang berperan sebagai adik Sena bernama Dewi.

Bryan menambahkan selain Umay, para pemeran juga dibantu oleh para kru produksi dalam mempelajari pelafalan dialog menggunakan dialek Betawi.

Kendati berlatar di suatu wilayah fiksi, Bryan mengatakan dialek Betawi sengaja digunakan dalam dialog tokoh Sena dan Dewi karena dianggap cocok dengan latar tempat film "Temurun".

Baca juga: Umay Shahab bahas warna poster film Inarah Syarafina yang "agak lain"

"Ini dunia yang dibentuk oleh wanita satu ini (sutradara Inarah Syarafina), sangat detail jadi akhirnya kita ngambil dialek itu karena pas digambarkan area yang kita tinggal sangat masuk dan kontras juga sama apa yang cara ngomong Gayatri dan karakter lain," ujar Bryan.

Film "Temurun" bergenre horor diproduksi oleh Sinemaku Pictures bersama Legacy Pictures.

Film yang disutradarai oleh Inarah Syarafina dan diproduseri Umay Shahab ini mengisahkan sepasang kakak beradik bernama Sena (Bryan Domani) dan Dewi (Yasamine Jasem) yang dijemput oleh sang ayah untuk tinggal bersamanya di kota dan mewariskan perusahaan produksi daging milik keluarga.

Baca juga: Pemeran film "Temurun" garap praktik baca skrip di rumah sutradara

Setelah bertemu dan tinggal di rumah bersama neneknya bernama Gayatri (Jajang C. Noer), Sena menemukan tanda-tanda praktik pesugihan iblis di rumah tersebut.

Film "Temurun" akan tayang di bioskop Indonesia mulai 30 Mei 2024.

Baca juga: Bryan Domani siap main film horor perdananya bertajuk "Temurun"

Baca juga: Bryan Domani akui kesal pada karakternya di film "Temurun"

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024