Lang Son, Vietnam (ANTARA) - Vietnam dan China membuka tiga rute transportasi kargo khusus yang melewati titik perdagangan Tan Thanh-Puzhai, Coc Nam-Nong Yao dan Huu Nghi-Youyi Guan guna menggenjot perdagangan.

Rute transportasi yang diresmikan di Lang Son, Vietnam, Senin tersebut dinilai sebagai tonggak penting bagi perdagangan dan pariwisata untuk meningkatkan kapasitas efisiensi perizinan bea cukai serta meningkatnya permintaan perdagangan masyarakat Vietnam dan China.

Wakil Ketua Komite Rakyat Lang Son, Duong Xuan Huyen mengatakan bahwa provinsi tersebut sangat menghargai kerja sama yang positif dan komprehensif sembari menyampaikan rasa terima kasih kepada daerah otonom Guangxi Zhuang atas kontribusinya terhadap pencapaian tersebut.

Huyen berharap kedua belah pihak akan terus berkoordinasi, berkomunikasi, dan bekerja sama secara erat untuk jalur transportasi khusus di sepanjang Huu Nghi-Youyi Guan, gerbang perbatasan darat terbesar antara Vietnam dan China.

Pada saat yang sama, dia mengatakan pentingnya untuk menyepakati solusi yang akan meningkatkan izin bea cukai dan metode pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi masing-masing pihak.

“Kesepakatan bersama dan kolaborasi yang kuat antara kedua belah pihak, serta peran penting Gerbang Perbatasan Internasional Huu Nghi-Youyi Guan di kawasan perdagangan bebas ASEAN-China, akan mengalami kemajuan dan perkembangan yang besar,” kata Huyen.

Senada, Wakil Ketua Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Miao Qingwang mengatakan bahwa persahabatan dan kerja sama antara wilayah China dan Provinsi Lang Son di Vietnam telah mengalami pertumbuhan yang komprehensif dan mendalam dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut terbukti dalam pertukaran aktif dan kesepakatan untuk pengoperasian resmi Gerbang Perbatasan Internasional Hu Nghi-Youyi Guan dan perluasannya hingga Tan Thanh-Puzhai dan Coc Nam-Nong Yao.

Pihak berwenang juga meluncurkan prosedur imigrasi bagi warga negara Vietnam dan China di titik perdagangan Tan Thanh-Puzhai.

Sumber : VNA-OANA

Baca juga: Pos darat perbatasan China-Vietnam tangani 520.000 penumpang Q1 2024
Baca juga: Kontes berbahasa Mandarin untuk siswa digelar di Hanoi, Vietnam
Baca juga: China, Vietnam rampungkan patroli gabungan di Teluk Beibu


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2024