Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengukuhkan dan melepas kontingen pelajar Indonesia untuk ASEAN Schools Games (ASG) 2024 yang diselenggarakan di Da Nang, Vietnam, mulai 31 Mei sampai 9 Juni.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin, kegiatan pengukuhan dan pelepasan kontingen yang akan mengikuti ASG ke-13 itu dilakukan di Auditorium Wisma Kemenpora.
 
"Pada hari Senin 27 Mei 2024, saya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, dengan resmi mengukuhkan dan melepas Kontingen Pelajar Indonesia pada 13th ASEAN Schools Games di Da Nang, Vietnam 2024, semoga Tuhan yang Maha Esa menyertai perjuangan semuanya," kata Dito.
 
Kegiatan itu ditandai proses penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora Dito secara estafet kepada Ketua Kontingen atau Chef de Mission (CdM) ASG 2024, Andri Paranoan, disertai ritual mencium bendera oleh masing-masing perwakilan cabang olahraga.
 
"Kemenpora sangat bangga dan senang dapat melepas para atlet pelajar Indonesia yang penuh semangat, putra-putri terbaik yang membawa nama Indonesia pada ajang tersebut," kata menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

Baca juga: Menpora yakin atlet pelajar Indonesia bisa raih prestasi di ASG 2024
 
Dalam laporannya, CdM ASG 2024 Andri Paranoan menyampaikan Indonesia mengikuti enam cabang olahraga, dengan total 107 nomor yang akan dipertandingkan.
 
Keenam cabang olahraga itu adalah atletik, renang, bola basket, bulu tangkis, pencak silat, dan vovinam.
 
"Pembukaan dilaksanakan 1 Juni 2024, serta penutupan dijadwalkan pada 7 Juni 2024," kata Andri.
 
Ia membeberkan, kontingen Indonesia berjumlah 186 orang yang terdiri dari 131 atlet, 23 pelatih, 6 manajer, 15 headquarters, dan 11 senior ministry officials.
 
 
Menpora Dito Ariotedjo (tengah) bersama kontingen Indonesia untuk ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (27/5/2024). ANTARA/HO-Kemenpora
 
Para atlet pelajar yang bertanding membela Tanah Air itu berasal dari pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
 
"Kami laporkan cabang olahraga bola basket menjadi yang pertama akan berangkat terlebih dahulu pada 29 Mei dan memulai pertandingan 31 Mei 2024," ujar dia.
 
Sementara, lanjut dia, rombongan lainnya akan berangkat pada 30 Mei 2024.
 
Saat menyampaikan laporan, Andri turut menyampaikan terima kasih kepada Menpora Dito yang telah memberikan kepercayaan untuk menjadi ketua kontingen Indonesia dalam ASEAN Schools Games (ASG) 2024.

Baca juga: Berprestasi di ASG, PB PASI siapkan bibit atlet nasional
 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024