Banjarbaru (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengajak masyarakat, khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) agar menjadikan keberhasilan pemilihan umum (pemilu) beberapa waktu lalu sebagai modal untuk suksesi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

“Pelaksanaan Pemilu 2024 di Kalsel berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar. Kita jadikan keberhasilan ini sebagai modal utama untuk menyukseskan pilkada 2024, baik tingkat provinsi maupun di 13 kabupaten/kota yang ada di Kalsel,” kata Hasyim saat peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Senin malam.

Hasyim hadir di Kota Banjarbaru dalam agenda peluncuran Pilkada 2024 di Kalimantan Selatan yang didampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa, unsur Forkopimda, beserta sejumlah pejabat daerah lainnya.

“Saya juga mengingatkan agar bisa mencoblos pada pilkada 2024, calon pemilih harus terdaftar di KPU,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Hasyim, KPU Kalsel beserta jajarannya di 13 kabupaten/kota nantinya mendatangi rumah warga dalam rangka pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pada pilkada 2024.

Hasyim meminta masyarakat terlibat aktif membantu KPU dalam proses tersebut agar pelaksanaan pilkada nanti dapat berlangsung tertib, aman, dan lancar.

Dia berharap pelaksanaan pilkada serentak di provinsi ini berjalan dengan demokratis serta berintegritas sesuai dengan pilihan masyarakat.

“Mari kita menyongsong pilkada 2024 dengan tertib dan aman. Kita jadikan pemilu 2024 sebagai modal untuk suksesi pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024,” tutur Hasyim.

Setelah peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2024, acara dilanjutkan dengan hiburan konser band papan atas dari Armada dan Fourtwnty yang dihadirkan oleh KPU Kalsel di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Baca juga: KPU ajak masyarakat berpartisipasi pilih pemimpin tuk 5 tahun ke depan
Baca juga: KPU ajak pemilih aktif berpartisipasi di Pilkada 2024
Baca juga: KPU RI harmonisasi PKPU syarat pencalonan Pilkada serentak
Baca juga: KPU jadikan putusan DKPP soal kebocoran DPT sebagai pembelajaran

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024