Banjarmasin (ANTARA) - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalimantan Selatan (Kalsel) menyalurkan bantuan kepada 18 kepala keluarga (KK) yang terdampak kebakaran di Jalan Veteran Gang 9 RT 19, Kelurahan Kuripan, Kota Banjarmasin.

Direktur UPZ Bank Kalsel Muhammad Fajri Muhtadi menyerahkan bantuan uang tunai puluhan juta rupiah kepada Lurah Kuripan Banjarmasin Yoyok Hardiyanto, didampingi salah satu korban Dewi Nurdiani Rahmi, di Balai Kelurahan Kuripan, Kota Banjarmasin, Senin.

“Bantuan itu sebagai wujud komitmen Bank Kalsel membantu masyarakat yang terkena musibah,” katanya.

Dia berharap warga yang terdampak kebakaran yang terjadi pada beberapa waktu lalu itu, bersabar menghadapi ujian dan tetap optimis melanjutkan kehidupan agar lebih baik pada masa mendatang.

"Bantuan ini untuk keperluan sehari-hari dan untuk sewa rumah sementara selama proses pembangunan ulang rumah yang terbakar tersebut,” kata Fajri.

Fajri mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran dengan cara menjaga lingkungan tempat tinggal.

Sementara itu, Lurah Kuripan Kota Banjarmasin Yoyok Hardiyanto mengapresiasi UPZ Bank Kalsel yang telah memberikan bantuan langsung kepada korban kebakaran.

"Kami sangat mengapresiasi Bank Kalsel, khususnya UPZ Bank Kalsel karena telah memperhatikan masyarakat yang terkena musibah kebakaran seperti di Kelurahan Kuripan," ucap Yoyok.

Salah satu warga terdampak kebakaran, Dewi Nurdiani Rahmi, mengucapkan syukur dan terima kasih karena mendapatkan bantuan dari UPZ Bank Kalsel.

“Alhamdulillah, bantuan ini dapat meringankan beban kami khususnya bagi yang rumahnya habis terbakar. Jadi bisa untuk sewa rumah sementara dan untuk kebutuhan yang lain,” ujar Dewi.

UPZ Bank Kalsel menyalurkan bantuan dari zakat yang disisihkan dari para pegawai Bank Kalsel secara rutin setiap bulan untuk disalurkan kepada delapan golongan orang yang berhak menerima zakat.

Manajemen Bank Kalsel mengimbau donatur bisa berpartisipasi untuk menyisihkan sebagian harta pada program kegiatan yang diinisiasi Bank Kalsel melalui rekening Bank Kalsel Syariah dengan nomor 6500844928 (Zakat) dan 6500846214 (Infak dan sedekah) atas nama Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel, dan untuk konsultasi dan konfirmasi transfer melalui WA Center UPZ Bank Kalsel di nomor 0811505153.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang dan Latif Thohir
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024