Jakarta (ANTARA) - Bos sekaligus Manajer Umum Ferrari Fred Vasseur mengatakan pihaknya yakin bahwa pembalap utamanya, Charles Leclerc, akan menemukan adanya peningkatan performa setelah kemenangan kandangnya di Grand Prix Monako, akhir pekan lalu.

“Ia sepertinya memiliki semacam beban di pundaknya selama bertahun-tahun tentang kemenangan di Monako. Tidak diragukan lagi dia berada di bawah tekanan dengan hal ini,” ungkap Vasseur, dikutip dari laman resmi Formula 1, Selasa.

“Namun, ini bukan hanya tentang Monako, saya pikir mungkin karena kepercayaan dirinya dan pendekatan yang dia lakukan di semua ajang lainnya, Charles pasti akan mengambil langkah maju,” ujarnya.

Adapun Vasseur memuji cara Leclerc menangani tekanan saat berkompetisi di balapan kandangnya.

Baca juga: Charles Lecrerc menangi balapan GP Monako, berikut hasilnya

Leclerc tampak dalam performa yang baik ketika sesi latihan pembukaan dimulai pada  Jumat (24/5), sebelum memuncaki catatan waktu pada latihan kedua dan ketiga serta meraih pole dan terus memimpin jalannya balapan.

Pembalap Ferrari itu sebelumnya mengalami banyak nasib buruk di balapan kandangnya, setelah dua kali start dari pole sebelum tahun 2024 tanpa pernah mengklaim kemenangan atau bahkan podium.

Mengenai hal ini, Vasseur mengatakan Leclerc hanya berusaha untuk tidak kehilangan fokus menjelang balapan.

“Tahun lalu saya pikir dia sedikit gugup, dan sejak awal akhir pekan dia sedikit tegang. Namun, tahun ini dia jauh lebih santai sejak awal. Dia bisa tetap tenang saat sesi kualifikasi, memegang kedali sejak awal,” jelas Vasseur.

Dengan Leclerc kini meraih kemenangan pertamanya di Monaco, yang juga menandai kemenangan pertamanya sejak 2022, Vasseur yakin bahwa selain mengurangi tekanan pada dirinya di turnamen kandang, hal itu juga akan menambah kepercayaan diri pemain berusia 26 tahun itu untuk melakoni balapan-balapan mendatang musim ini.

Baca juga: Lecrerc kehabisan kata-kata untuk jelaskan kemenangannya di Monako

Baca juga: Klasemen F1: Charles Lecrerc pangkas poin dari Verstappen di puncak


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024