Jakarta (ANTARA) - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyediakan layanan perbankan syariah yang komprehensif kepada Universitas Negeri Islam (UIN) Sumatera Utara (Sumut), diawali dengan kesepakatan kerja sama yang tertuang dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU).

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Muamalat Suhendar mengatakan, kerja sama ini mencakup kerja sama produk simpanan, fasilitas pembiayaan, dan layanan perbankan lainnya. Di samping itu, menurut perseroan, kerja sama juga mencakup lingkup pendidikan, penelitian, hingga pengabdian kepada masyarakat.

“UIN Sumatera Utara merupakan nasabah eksisting Bank Muamalat. Oleh karena itu, penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kerja sama sebelumnya tetapi dalam koridor yang lebih luas,” kata Suhendar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Suhendar berharap, penandatanganan ini menjadi “pintu gerbang” bagi kerja sama lainnya yang lebih luas. Sebagai bank syariah pertama di Indonesia, dia mengatakan bahwa Bank Muamalat siap memberikan layanan perbankan syariah terbaik.

Bank Muamalat  fokus pada nasabah ritel di beberapa segmen utama, salah satunya termasuk pendidikan. Oleh karena itu, kata Suhendar, pionir bank syariah di Tanah Air ini siap memberikan layanan yang komprehensif untuk mendukung segmen tersebut.

Dalam kerja sama ini, Bank Muamalat menawarkan layanan transaksi perbankan secara real time melalui Cash Management System (CMS) Madina. Layanan ini bisa digunakan oleh UIN Sumatera Utara untuk pengelolaan keuangan secara terintegrasi dengan sistem pendidikan, mulai dari virtual account untuk pembayaran uang kuliah, serta transaksi hingga dokumentasi mutasi rekening yang lebih simpel dan cepat.

Baca juga: OJK masih belum terima permohonan merger BTN Syariah dan Muamalat

Bank Muamalat juga menawarkan layanan payroll untuk pegawai UIN Sumatera Utara. Sebagai informasi, bank syariah ini telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai Bank Penyalur Gaji Rekening ASN (BPG ASN) serta telah menjadi bank umum mitra pengelola rekening pengeluaran kementerian/lembaga negara.

Tak hanya itu, Bank Muamalat menawarkan kerja sama employee benefit program, fasilitas pembiayaan multiguna, pembiayaan kepemilikan rumah (KPR), serta perencanaan finansial untuk pimpinan universitas, dosen dan karyawan.

Adapun dalam hal pengembangan sumber daya manusia, Bank Muamalat memberikan kesempatan bagi mahasiswa UIN Sumatera Utara untuk mengikuti program magang melalui program MIKO (Muamalat Indonesia Kompeten). Melalui MIKO, para mahasiswa tingkat akhir berkesempatan untuk belajar dan bekerja di Bank Muamalat.

Baca juga: Bank Muamalat catat tabungan "payroll" tumbuh 369 persen di Q1-2024

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024