Jakarta (ANTARA) - Dua pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menantikan balapan kandang tim pada MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, akhir pekan ini.

Bagi Espargaro, yang baru-baru ini mengumumkan pensiun sebagai pembalap MotoGP tahun depan, mengatakan kemenangan di Italia tentu akan menjadi sangat berkesan.

“Jika saya bisa menang di Mugello, lintasan di negara asal Aprilia, pada musim terakhir saya di MotoGP, itu tentu akan jadi pengalaman yang luar biasa,” kata Espargaro, dikutip dari keterangan resmi Piaggio Indonesia, yang diterima di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, pembalap asal Spanyol itu mengatakan ingin menjaga performa dan fokusnya seperti saat ia melakoni balapan di Catalunya, Spanyol, akhir pekan lalu.

Di MotoGP Catalunya, Espargaro memulai balapan dari posisi terdepan, tetapi harus turun beberapa posisi di lap-lap awal balapan, seperti yang terjadi di balapan Sprint.

Mengenai balapan tersebut, Espargaro mengungkapkan ia mengalami kesulitan dari kurangnya grip ban belakang saat menggunakan ban medium.

Baca juga: Aleix Espargaro umumkan pensiun dari MotoGP setelah musim 2024

Meski begitu, Aleix sempat berhasil mempertahankan posisi pertamanya selama beberapa lap, sebelum ia menduduki posisi ketiga, lalu harus puas dengan posisi keempat di akhir balapan.

“Saya telah memberikan seratus persen kemampuan saya hingga lap terakhir. Saya merasa puas dengan persiapan saya selama akhir pekan, tapi di balapan, saya tidak mendapatkan grip yang baik dengan ban medium. Bagaimana pun, balapan itu sangat istimewa, mulai dari raihan posisi terdepan, (performa) sprint race, dan catatan rekor di trek ini,” jelas dia.

Sementara itu, Vinales menjalani balapan yang sulit sejak awal, salah satunya karena kurangnya ketepatan dalam pengereman. Setelah selamat dari momentum highside, Maverick akhirnya finis di posisi ke-12.

"Akhir pekan kemarin menjadi balapan yang sulit. Saya tidak memiliki grip yang dibutuhkan dan kehilangan banyak momentum pengereman. Momen saat saya menyelamatkan diri dari highside cukup merangkum bagaimana sulitnya balapan di Montmelo,” kata Vinales.

“Sekarang, kami perlu melihat ke depan dan fokus pada balapan di Mugello,” ujarnya.

CEO Aprilia Racing Massimo Rivola melanjutkan, kini tim akan mengalihkan fokus untuk balapan akhir pekan mendatang di hadapan publik Italia.

“Kami akan fokus ke Mugello sekarang, semoga tribun penonton akan penuh seperti balapan-balapan terakhir,” kata Rivola.

Baca juga: Maverick Vinales juarai Grand Prix America dengan ukir sejarah

Baca juga: Bagnaia keluar sebagai juara GP Catalunya setelah taklukkan Martin


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024