Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menekankan agar jajarannya, khususnya di bidang hubungan masyarakat (Bidhumas), harus mengutamakan transparansi dan akuntabilitas penyampaian informasi ke masyarakat.
 
Hal tersebut disampaikan Karyoto dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidhumas Polda Metro Jaya Tahun Anggaran 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Selatan, Selasa.
 
“Humas merupakan garda terdepan dalam membangun opini publik terhadap kinerja Polri, maupun terhadap informasi terkini yang dibutuhkan masyarakat maka haruslah mengedepankan transparansi dan akuntabilitas," katanya lewat keterangan tertulis.
 
Dalam Rakernis yang mengangkat tema “Bidhumas Polda Metro Jaya Yang Presisi Siap Mendukung Stabilitas Kamtibmas Yang Kondusif Dalam Proses Demokrasi Guna Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan” itu, Karyoto mendorong seluruh peserta rakernis untuk terus memanfaatkan sumber daya eksternal.
"Khususnya kemitraan bersama media massa baik cetak, elektronik maupun online dalam rangka meningkatkan opini yang positif terhadap Polri, " katanya.
 
Karyoto juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada jajaran Humas Polda Metro Jaya yang secara proaktif telah menindaklanjuti isu-isu negatif maupun positif di media tentang kinerja Polri secara cepat, profesional, proporsional, transparan, dan akuntabel sehingga dapat membawa nama baik Polda Metro Jaya.
 
Sejumlah anggota Bidhumas Polda Metro Jaya saat menghadiri Rakernis Bidhumas Polda Metro Jaya Tahun Anggaran 2024 di Hotel Diradja Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2024). ANTARA/HO-Humas Polda Metro Jaya


Selain itu, Karyoto juga menekankan sejumlah arahan dan tantangan ke depan Bidhumas Polda Metro Jaya. Pertama, yakni meningkatkan pemantauan terhadap isu-isu sensitif dan menonjol yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas maupun penurunan kepercayaan publik terhadap Polri.
 
"Kedua, meningkatkan kegiatan yang bersifat cooling system di masa sisa Pemilu maupun Pilkada serentak yang akan dilaksanakan, " kata Karyoto.
 
Ketiga, mengoptimalkan kegiatan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi melalui Badan Koordinasi Humas yang melibatkan Kementerian, Dewan Pers, PWI, media, insan pers dan komunitas lainnya.

Baca juga: Polisi tangkap lima orang terkait pemalsuan pelat khusus DPR
 
"Kemudian, pedomani Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Kehumasan di Lingkungan Polri, agar seluruh Pegawai Negeri pada Polri pengemban fungsi kehumasan yang selalu melekat dalam tubuh sanubari dan karakter perilaku dalam setiap sektor kehidupan, " ucap Karyoto.
 
Rakernis Bidhumas Polda Metro Jaya Tahun 2024 tersebut juga dihadiri oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, para pejabat utama dan kapolres jajaran Polda Metro Jaya, Kasihumas Polres jajaran serta 70 peserta rakernis secara tatap muka dari perwakilan satker jajaran Polda Metro Jaya dan 105 peserta secara virtual anggota seksi hubungan masyarakat (Sihumas) Polsek jajaran.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ade irma Junida
COPYRIGHT © ANTARA 2024