Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak empat pemain masih belum bergabung dengan pemusatan latihan tim nasional Indonesia yang dipersiapkan pelatih Shin Tae-yong untuk dua pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina pada Juni.
 
Keempat pemain yang masih absen itu adalah pemain-pemain yang merumput di luar negeri yakni Pratama Arhan, Jordi Amat, Jay Idzes, dan Justin Hubner.
 
“Untuk Arhan dulu karena pertandingan terakhir di Liga Korea dapat kartu merah dan hari ini baru ada keputusan dia dapat sanksi dilarang bermain dua pertandingan atau sama sekali tidak ada sanksi, bisa saja besok berangkat dari Korea ke Indonesia dan untuk Jordi akan bergabung 31 Mei,” kata Pelatih Shin saat ditemui sebelum memimpin latihan tim di Lapangan latihan ABC, komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.
 
“Untuk Jay karena dia masuk final play off (Liga Italia) mungkin baru akan sampai pada 5 Juni dan untuk 6 Juni, pertandingan lawan Irak, Jay akan absen. Untuk Justin akan datang ke Indonesia setelah bermain di Liga Jepang pada 2 Juni,” tambah pria asal Korea Selatan itu.
 
Pada persiapan timnas untuk menghadapi Irak dan Filipina, bek asal Ipswich Town Elkan Baggott tidak bergabung. Saat dikonfirmasi mengenai hal itu, Pelatih Shin tidak mau memberi informasi lebih jelas dan meminta para pewarta untuk mencari tahu langsung ke pihak sang pemain.
 
Timnas juga akan memainkan pertandingan uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni sebagai bagian dari persiapan menuju kualifikasi Piala Dunia.

Baca juga: Timnas Indonesia jalani latihan perdana pada Selasa sore

Pelatih Shin mengungkapkan tidak memiliki target khusus terkait pertandingan itu karena lebih difungsikan untuk melihat kondisi para pemain saja.
 
“Para pemain banyak yang berlibur juga mulai dari liga di Eropa, Liga Indonesia pun sama banyaknya yang beristirahat, pasti performa pertandingan menurun. Memang pas juga pikiran saya dan pikiran PSSI, jadi akhirnya kita ambil pertandingan lawan Tanzania, di luar hasil menang kalah, tujuannya hanya akan mengecek kondisi para pemain seperti apa,” tutur Pelatih Shin.
 
Tim Garuda akan memainkan pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menjamu Irak pada 6 Juni dan kemudian Filipina pada 11 Juni. Kedua pertandingan itu akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
 
Seandainya timnas Indonesia mampu meraih minimal satu kemenangan dari kedua laga tersebut, maka pasukan Shin Tae-yong dipastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca juga: PSSI mulai jual tiket pertandingan Indonesia vs Tanzania
Baca juga: Exco PSSI: Pengamanan timnas sepak bola Indonesia sudah sesuai SOP

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024