Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Mekopolhukam) Hadi Tjahjanto memberikan pengarahan kepada jajaran Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri terkait kesiapan pengamanan Pilkada serentak 2024, di Jakarta, Selasa.

Hadi berharap Baintelkam Polri benar-benar fokus menyiapkan perencanaan intelijen yang bagus mulai dari pentahapan sampai pelaksanaan.

“Mendekati Pilkada serentak, saya sampaikan bahwa perkiraan intelijen, kemudian eskalasinya sedang sampai tinggi. Sehingga mulai dari penetapan, perencanaan, sampai pelaksanaan aparat intelijen ini harus benar-benar fokus dan membuat suatu perencanaan intelijen yang tajam” kata Hadi.

Baca juga: Menkopolhukam hadiri Rakernis Baintelkam Polri tahun 2024

Dia mengingatkan persiapan perencanaan intelijen sangat penting mengingat ada begitu banyak pemilihan kepala daerah yang akan digelar. Sehingga dipastikan pengerahan aparat keamanan merata di setiap wilayah.

“Pilkada serentak nanti diikuti 37 gubernur, 98 bupati dan 415 wali kota di seluruh wilayah aparat keamanan jelas dibagi rata,” katanya.

Baca juga: Dito Mahendra didakwa miliki senjata ilegal, ini rincian senjatanya

Menurut dia, dengan perencanaan intelijen yang matang dan tajam, dapat meminimalisir permasalahan, dan aparat bisa bergerak cepat dalam menyelesaikannya.

“Sehingga apabila perkiraan intelijen itu tajam, sehingga apabila ada masalah itu bisa langsung tepat menyelesaikannya,” kata Hadi.

Baca juga: Baintelkam Polri terbitkan SKCK Gibran Rakabuming Raka Hadi menekankan pengamanan di Pilkada 2024 harus lebih ketat lagi, mengingat banyaknya daerah yang akan melaksanakan pemilihan.

Pilkada 2024 dalam UU dijadwalkan pemungutan suaranya pada 27 November 2024.

Pengarahan tersebut disampaikan Hadi saat menghadiri kegiatan rapat kerja teknis (Rakenis) Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri tahun 2024 di Jakarta.

Baca juga: Baintelkam Polri terbitkan SKCK Mahfud MD

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho mengatakan rakenis bertujuan untuk memantapkan para personel yang ada dalam satuan pelaksana teknis sesuai tugas pokok dan fungsi dalam menjalankan agenda tertentu yang sudah ditetapkan.

Rakernis Baintelkam Polri, kata dia, dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu (29/5), yang pada hari pertama dihadiri Menkopolhukam sebagai pembicara kunci.

"Besok pembukaan dihadiri Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo sekaligus meresmikan gedung baru Baintelkam," kata Sandi.

Baca juga: Baintelkam Polri terbitkan SKCK Erick Thohir
Baca juga: Polri wajibkan senjata "airsoft gun" miliki tanda oranye permanen


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2024