Pesisir Barat (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan masuknya salah satu atlet peselancar ke Olimpiade Paris 2024 menkadi momentum mengembangkan kembali selancar Indonesia.
 
"Saat ini sudah ada atlet Indonesia yang masuk ke Olimpiade Paris 2024 yaitu Rio Waida. Ini menjadi momentum tepat dan alasan yang kuat untuk mengembangkan dengan serius selancar di Indonesia," ujar Dito Ariotedjo di Pesisir Barat, Selasa.
 
Ia mengatakan pengembangan tersebut akan dilakukan dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah yang memiliki potensi pantai yang dapat digunakan untuk kegiatan selancar.
 
"Di Krui ini jadi tempat yang baik untuk selancar, dan kami mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang dengan mandiri mengadakan kegiatan selancar Krui Pro selama tujuh kali," katanya.
 
Dia menjelaskan dengan adanya antusias, komitmen serta konsistensi pemerintah daerah mengembangkan olahraga selancar, maka pemerintah pusat pun akan ikut serta meningkatkan pengembangan olahraga tersebut.
 
"Jadi tidak salah kalau pemerintah pusat berkomitmen dan berinvestasi di kejuaraan dunia selancar ini. Selama ini pemerintah daerah bekerja sendiri tanpa ada dukungan, kami meminta maaf untuk ini. Dan kali ini kami pemerintah pusat hadir untuk mengangkatkan pengembangan selancar khususnya di Krui," ucap dia.
 
Menurut dia, dengan pengembangan olahraga selancar pun dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sektor pariwisata daerah.
 
"Ini juga jadi momentum untuk meningkat sektor pariwisata di daerah, ketika kegiatan selancar bisa dikembangkan makin banyak daerah yang di datangi oleh peselancar dari berbagai negara, dan pariwisata bisa ramai. Mari jadikan 2025 nanti kegiatan Krui Pro dan rangkaian series World Surf League (WSL) jadi lebih terpadu dan lebih besar," tambahnya.


Baca juga: Menpora berkomitmen integrasikan kejuaraan selancar secara nasional

Baca juga: Rio Waida dapatkan tiket Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024