Jakarta (ANTARA) - Laba komprehensif PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) meningkat signifikan sebesar 225 persen year-on-year (yoy) dari Rp407 miliar pada 2022 menjadi Rp1,3 triliun selama tahun lalu berdasarkan laporan keuangan teraudit 2023.

"Pada 2023, Manulife Indonesia berfokus untuk memperkuat kemampuan distribusi dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah, dan juga senantiasa memastikan bahwa kami menjalankan bisnis sesuai dengan peraturan,” kata Presiden Direktur & CEO Manulife Indonesia Ryan Charland di Jakarta, Selasa.

Ia menyatakan bahwa upaya tersebut memungkinkan pihaknya untuk mempererat hubungan dengan para nasabah dan menghasilkan kinerja keuangan yang kuat meskipun menghadapi tantangan ekonomi.

Pihaknya membayarkan total klaim sebesar Rp7,9 triliun kepada sekitar 21 ribu nasabah selama 2023 dan menghasilkan lebih dari Rp9,5 triliun pendapatan premi bersih.

Ryan juga menyampaikan bahwa peningkatan total aset perseroan mencapai 5,8 persen yoy, yakni dari Rp60,1 triliun pada 2022 menjadi Rp63,7 triliun pada tahun lalu.

Kondisi keuangan perusahaan pada 2023 pun cukup kuat dengan rasio Risk-Based Capital (RBC) sebesar 676 persen, meningkat dari 587 persen pada tahun sebelumnya dan jauh melebihi persyaratan Otoritas Jasa Keuangan(OJK) sebesar 120 persen.

Sementara itu, Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) juga menunjukkan ketangguhannya di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan.

"Di tengah kenaikan suku bunga global yang berdampak pada pasar keuangan global dan domestik, MAMI tetap menjadi manajer investasi terbesar di Indonesia dengan total dana kelolaan sebesar Rp101,6 triliun,” ucap CEO & Presiden Direktur MAMI Afifa.

Ia menuturkan bahwa hal tersebut menjadikan pihaknya satu-satunya manajer investasi di Indonesia yang memiliki dana kelolaan lebih dari seratus triliun rupiah.

“Kami tetap berkomitmen untuk menjaga kepercayaan investor dan membantu setiap nasabah individu dan korporasi kami, untuk mencapai tujuan investasinya,” ujarnya.

Baca juga: Manulife luncurkan Manulife Pro sebagai rekognisi untuk agen
Baca juga: Manulife Masuk Peringkat Global 100 Corporate Knights Tahun 2024


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024