Jayapura (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun mengingatkan para jamaah calon haji (CHJ) asal daerah itu agar selalu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah sehingga kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur.
 
"Kami baru saja melepas 1.058 calon haji dari Provinsi Papua di Embarkasi Makassar, Selasa (28/5)," katanya dalam siaran pers di Jayapura, Papua, Selasa (28/5).

Baca juga: Wapres Ma'ruf kunjungan kerja ke Babel, Aceh dan Jateng
 
Menurut Ridwan, pihaknya juga mengimbau agar para jamaah tetap menunjukkan keramahan di lokasi ibadah sebab keberadaan semua pihak di tanah suci, semata-mata untuk memuliakan tuhan.
 
“Dan terpenting adalah pastikan semua dokumen perjalan haji tersedia,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan, pada keberangkatan calon jamaah haji asal provinsi Papua terbagi dalam tiga kloter yakni 23,25 dan 26 untuk itu diharapkan saling menjaga satu dengan yang lainnya serta selalu melakukan koordinasi dengan pendamping.
 
"Sementara tenaga pendamping yang diberangkatkan berjumlah 16 orang terdiri atas ketua kloter, pembimbing ibadah dan tenaga kesehatan," katanya.

Baca juga: Supadio tambah 17 penerbangan untuk keberangkatan haji
 
Di menambahkan, pada 2024 ini tidak ada penambahan kuota namun pihaknya terus melakukan pemantauan.
 
"Pada 2024 kami tidak ada penambahan kuota haji namun kami akan terus berupaya agar tahun depan bisa bertambah," ujarnya lagi.
 
Pada kegiatan pelepasan JCH Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun didampingi Asisten Bidang Perekonomian Sekretaris Daerah Papua, Setiyo Wahyudi dan Kepala Kementerian Agama Provinsi Papua Klemens Taran bertempat di Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (28/5).

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024