Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo mengatakan pembangunan pusat pemerintahan di Provinsi Papua Tengah merupakan amanat regulasi yang berkaitan dengan Daerah Otonom Baru (DOB) Papua terutama pembangunan Kantor Gubernur, Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP), dan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

Hal itu disampaikan Wempi saat meninjau lokasi pembangunan pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah di Distrik Nabire Barat, Kabupaten Nabire, Papua Tengah, Selasa.

“Bahwa komitmen keinginan pemerintah pusat kemudian Komisi II DPR RI dan kita semua untuk mewujudkan impian kita untuk mewujudkan Papua yang baru untuk mengangkat derajat, harkat, martabat orang Papua melalui pemekaran ini, kita melihat cahaya dari Provinsi Papua Tengah,” kata Wempi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, progres pembangunan pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah sudah mulai terlihat secara fisik. Hal itu dapat diamati dari kegiatan pembersihan lahan dan penyiapan drainase pada lokasi pusat pemerintahan provinsi tersebut.

“Tinggal yang diploting tadi yang digambar-gambar sudah kita lihat, ini pembangunan kantor gubernur, pembangunan kantor DPR, kemudian MRP, dan juga untuk OPD dengan perumahan ASN, saya kira sudah diploting, tinggal bagaimana untuk bisa membangun,” jelasnya.

Tak lupa, dia mengingatkan agar drainase di lokasi setempat dapat dipersiapkan dengan baik, sebelum infrastruktur dibangun. Sebab, apabila drainase tak diatur dengan baik, ke depan akan timbul masalah yang lebih rumit untuk diselesaikan.

“Makanya tadi saya bisik-bisik sama Ibu (Pj. Gubernur), tolong pertahankan drainase harus lebih dalam sebelum kita bangun infrastrukturnya, karena kadang kalau pertumbuhan kota itu sudah terjadi, drainase tidak diatur dengan baik, itu akan menjadi rumit,” ungkap Wempi.

Selain itu, Wempi berharap pembangunan sarana prasarana pemerintahan di seluruh DOB wilayah Papua dapat dibangun dalam waktu dekat guna mendukung proses Pilkada Serentak pada 27 November mendatang.

“Mari kita bangun infrastruktur kita, mempersiapkan infrastruktur dari sekarang, sehingga siapa pun yang terpilih nanti dia bisa melanjutkan sama apa yang disampaikan oleh Ibu Pj. Gubernur Papua Tengah,” tambahnya.

Tak ketinggalan, Ia pun mengapresiasi kerja keras Pj. Gubernur Papua Tengah beserta jajaran atas upaya pembangunan yang telah dilakukan. Dia meminta pemerintah di DOB Papua lainnya dapat meniru langkah serupa yang telah dilakukan Pj. Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk dan jajaran.

“Saya jujur sampaikan, Ibu Pj. terima kasih karena kita memberi mandat tugas untuk Ibu melaksanakan di sini, makanya saya berani berdiri di depan Pak Ketua, Wakil Ketua dan seluruh anggota Komisi II DPR untuk menyampaikan penghargaan terima kasih,” pungkas dia.

Baca juga: Pemerintah percepat penyediaan sarana pemerintahan di empat DOB Papua

Baca juga: Kemendagri dorong percepatan sarpras pemerintahan di 4 DOB Papua

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024