Jakarta (ANTARA) - Tim nasional voli putri Indonesia tak mampu mengatasi dominasi India usai takluk dengan skor 1-3 (16-25, 32-30, 20-25 dan 25-27) pada pertandingan perebutan tempat kelima sampai kedelapan AVC Challenge Cup 2024 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Selasa.

Meski takluk atas India, Manajer timnas Indonesia, Luciana Taroreh cukup puas dengan penampilan anak asuh Pedro Lilipaly tersebut karena mampu mengatasi tekanan lawan sepanjang pertandingan.

"Pertandingan hari ini menunjukkan bahwa Srikandi Muda kita mengalami peningkatan dalam hal mengatasi tekanan lawan walau belum stabil khususnya dalam mengatasi permainan rally Panjang," ujar Luciana Taroreh kepada pewarta, Selasa.

Baca juga: Indonesia tak mampu hentikan langkah Vietnam usai takluk 1-3

Menurut Luciana ke depannya Junaida Santi dan kawan-kawan harus mengevaluasi permainan agar lebih sabar dan meminimalisir kesalahan yang menguntungkan lawan.

"Mereka bermain kurang sabar dan cenderung terburu-buru sehingga bola tidak akurat dan kerap melakukan kesalahan sendiri," ujar Luciana.

Anusree Kambrath Poyilill menjadi pemain dengan catatan poin terbanyak usai meraih 21 poin.

Kekalahan ini membuat Indonesia masih berpeluang untuk merebut juara ketujuh turnamen menunggu calon lawan antara Hong Kong, China dan Iran.

"Sasaran jangka pendek memberi pengalaman kepada pemain junior-junior yang dipersiapkan untuk menjadi tim nasional yang akan dating," kata Luciana.

"Semoga besok anak-anak bisa tampil lepas untuk bisa meraih posisi ke-7," imbuh Luciana.

Baca juga: Indonesia menyerah 0-3 kepada Kazakhstan

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024