Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menjelaskan bahwa partainya menyiapkan tiga nama dari kader internal untuk diusung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2024.

"Ada Farhan (anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan), Kang Saan (Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa), ada banyak kader-kader Partai NasDem di sana. Ada Pak Tjetjep juga mantan kepala daerah (anggota Komisi VIII DPR RI/mantan Bupati Cianjur 2006-2016 Tjetjep Muchtar Soleh). Ada banyak stok ya kami di Jawa Barat," kata Willy di NasDem Tower, Jakarta, Selasa.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa NasDem sedang melakukan survei dan membuka komunikasi dengan partai politik lain untuk Pilkada Jabar.

"Artinya, NasDem tetap menjadi partai yang terbuka. Prinsip yang diberikan kepada kami di Bappilu (Badan Pemenangan Pemilu) itu oleh ketua umum, mengajukan putra-putri terbaik. Jadi, tetap aspirasi itu menjadi guidance (petunjuk, red) bagi kami dalam proses pencalonan," jelasnya.

Baca juga: NasDem sebut utamakan kader di Pilkada Jakarta

Ia lantas menyebut bahwa saat ini komunikasi dengan parpol lain telah dilakukan, termasuk dengan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Semua kami lakukan. Komunikasi secara terbuka mana yang kemudian bisa saling ketemu chemistry-nya, tentu ini tidak bisa kami paksa," ujarnya.

Willy mengatakan munculnya nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pekerjaan rumah bagi partainya untuk menghadapi Pilkada Jabar.

"Ya, dulu kami yang mengajukan Ridwan Kamil. Tentu jadi sebuah PR tersendiri bagi Partai NasDem dalam pilkada kali ini," katanya.

Baca juga: NasDem akan umumkan calon kepala daerah Papua Selatan dan Papua Tengah

Berikut daftar tahapan Pilkada 2024 untuk calon dari partai politik:

1. Pada tanggal 27—29 Agustus 2024: Pendaftaran pasangan calon;

2. Pada tanggal 27 Agustus—21 September 2024: Penelitian persyaratan calon;

3. Pada tanggal 22 September 2024: Penetapan pasangan calon;

4. Pada tanggal 25 September—23 November 2024: Pelaksanaan kampanye;

5. Pada tanggal 27 November 2024: Pelaksanaan pemungutan suara; dan

6. Pada tanggal 27 November—16 Desember 2024: Penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024