Garze (ANTARA) - Dari awal Mei hingga akhir Juni setiap tahun, jamur ulat memasuki musim panen di Prefektur Otonom Etnis Tibet Garze, Provinsi Sichuan, China barat daya.

Jamur ulat, spesies yang dikenal di China sebagai "rumput ulat musim dingin pada musim panas", hanya bisa ditemukan di dataran tinggi. Jamur ulat dipercaya efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selama musim panen, warga setempat akan mulai mendatangi area pegunungan setinggi lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut untuk memanen jamur ulat. Masa panen jamur ulat dapat berlangsung selama lebih dari 40 hari.

Bagi warga setempat, mengumpulkan jamur bernilai tinggi tersebut adalah pekerjaan musiman yang membantu meningkatkan pendapatan mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, rata-rata pendapatan rumah tangga dapat meningkat sebesar 20.000 hingga 60.000 yuan (1 yuan = Rp2.217) per tahun dengan menjual jamur ulat di Shade, Kota Kangding, salah satu daerah penghasil jamur ulat terbesar.
 
Seorang penjual menata jamur ulat segar di Shade, Kota Kangding, Prefektur Otonom Etnis Tibet Garze, Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 22 Mei 2024. (ANTARA/Xinhua/Shen Bohan)
 
Seorang warga setempat bernama Dekyi menggali untuk mencari jamur ulat di Shade, Kota Kangding, Prefektur Otonom Etnis Tibet Garze, Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 23 Mei 2024. (ANTARA/Xinhua/Shen Bohan)
 
Warga setempat menyimpan jamur ulat di dalam sebuah kotak di Shade, Kota Kangding, Prefektur Otonom Etnis Tibet Garze, Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 23 Mei 2024. (ANTARA/Xinhua/Shen Bohan)
 
Seorang pedagang (kiri) bernegosiasi dengan warga setempat soal harga jamur ulat segar di Shade, Kota Kangding, Prefektur Otonom Etnis Tibet Garze, Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 22 Mei 2024. (ANTARA/Xinhua/Shen Bohan)
 
Tashi Wange (kanan) dan istrinya Dekyi mencari jamur ulat di Shade, Kota Kangding, Prefektur Otonom Etnis Tibet Garze, Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 23 Mei 2024. (ANTARA/Xinhua/Shen Bohan)
 
Hunian sementara yang dibandung warga setempat ketika mencari jamur ulat di Shade, Kota Kangding, Prefektur Otonom Etnis Tibet Garze, Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 23 Mei 2024. (ANTARA/Xinhua/Shen Bohan)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024