Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris mengusulkan pembangunan jalan layang dari Simpang Mayang menuju Pasar Angso Duo, Kota Jambi, kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kita juga sedang mengajukan pembangunan jalan layang atau flyover, yang mana di Kementerian PUPR ada program pembangunan flyover dan kami sudah sampaikan semua data desain kita kepada Pak Menteri PU, mudah-mudahan ini segera beliau bisa bangun dari mulai Simpang Mayang sampai Angso Duo," kata Gubernur Jambi Al Haris saat Paripurna HUT ke-78 Pemkot Jambi dan Hari Jadi ke-623 Tanah Pilih Pusako Batuah di Jambi, Selasa.

Kehadiran jalan layang itu diperlukan untuk mengatasi kemacetan di Kota Jambi, yang mana daerah ini menjadi etalase bagi Provinsi Jambi.

Dalam arahannya, Haris menyampaikan bahwa perayaan hari jadi Kota Jambi merupakan salah satu momentum untuk melihat capaian-capaian baik itu capaian yang telah dilaksanakan, sedang dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan.

Pemerintah Provinsi Jambi, kata dia, mendukung pembangunan dan mendorong kemajuan seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi serta sangat mendukung pembangunan Kota Jambi dalam mewujudkan Kota Jambi sebagai daerah yang maju, rukun, aman, hijau, bersih dan nyaman, serta pelayanan publik yang prima, serta juga sebagai upaya untuk memperkuat Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa di Provinsi Jambi.

"Menjadi tugas kita semua seluruh komponen masyarakat untuk memperjuangkan cita-cita besar tersebut, dengan melanjutkan pembangunan serta menjaga kebersamaan," katanya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kota Jambi Suhendri mengatakan salah satu permasalahan yang dialami adalah kemacetan.

"Secara spesial Kota Jambi ada isu khusus misal banjir, kemacetan. Beberapa ruas di Kota Jambi visi rasionya sudah dekat dengan 1 artinya kemacetan tinggi," katanya.

Ia mengatakan langkah strategis untuk pembangunan dan infrastruktur jalan diperlukan guna mengurai kemacetan tersebut.

Pewarta: Tuyani
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024