Pesisir Barat (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan akan menjadikan Krui Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung menjadi lokasi selancar nomor 1 dunia.
 
"Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam keindahan pantai, dan itu ada di Lampung, salah satunya di Pantai Tanjung Setia yang selain indah untuk berwisata juga sebagai surganya peselancar," ujar dia di Pesisir Barat, Selasa.
 
Ia mengatakan dengan adanya potensi tersebut maka pemerintah daerah bekerja sama dengan pemerintah pusat akan menjadikan Krui sebagai lokasi selancar nomor 1 dunia.
 
"Tahun depan kejuaraan selancar ini akan dijadikan kegiatan nasional, dan harapannya ini dari nomor 3 terbaik di dunia bisa menjadi lokasi selancar nomor 1 dunia, dengan tetap menjaga keaslian lokasi," katanya.

Baca juga: WSL Krui Pro 2024 jadi ajang tingkatkan ekonomi dan pariwisata
 
Untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi, kata dia, wilayah-wilayah yang berpotensi sebagai tempat kegiatan selancar akan dikembangkan di daerah tersebut.
 
"Ini pencapaian yang luar biasa dan menunjukkan besarnya antusias komunitas peselancar terhadap keindahan dan tantangan ombak di Krui. Oleh karena itu kami mendorong agar WSL (World Surf League) ini bisa jadi kegiatan internasional, jadi pendanaan juga ditanggung bersama. Saya ingin ini diambil alih oleh Indonesia bukan hanya Lampung, tapi untuk penyelenggara tetap Kabupaten Pesisir Barat," ucap dia.
 
Menurut dia, dengan menjadikan Krui sebagai lokasi nomor 1 untuk berselancar, akan mempromosikan juga pariwisata dan budaya lokal Lampung ke tingkat dunia.
 
"Jadi kita jaga kondisinya agar tetap bersih, agar ombaknya tetap bagus, lalu atletnya difasilitasi dengan baik. Dengan kegiatan ini jadi momen kita merayakan semangat persaingan yang sehat, dan menjadikan Krui semakin dikenal di tingkat internasional," katanya.
 
Kejuaraan selancar internasional, WSL Krui Pro 2024, diikuti 265 atlet berasal dari 20 negara. Ombak di pesisir Pantai Krui telah membantu penobatan ajang Krui Pro untuk naik ke level ombak tertinggi, yakni QS 5.000.

Baca juga: Menpora dukung pembuatan surfing center di Pesisir Barat Lampung
Baca juga: Menpora buka Liga Selancar Dunia WSL Krui Pro 2024 di Lampung

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024