Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization for Economic Cooperation and Development/OECD) Mathias Cormann beserta delegasi di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat, Selasa.

Pertemuan yang juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto itu berkaitan dengan upaya Indonesia masuk keanggotaan OECD.

Airlangga terpantau hadir sekitar pukul 15.07 WIB, sedangkan Mathias hadir pukul 15.09 WIB. Pertemuan tersebut digelar secara tertutup sehingga tidak ada awak media yang bisa mengikuti jalannya diskusi.

Usai pertemuan tertutup itu, para tokoh tersebut juga menghindari awak media yang sudah menunggu di Gedung Kemhan RI.

Baca juga: Indonesia susun initial memorandum untuk jadi anggota penuh OECD
Baca juga: Airlangga: OECD dukung peningkatan iklim investasi di Indonesia


Indonesia sedang memasuki tahapan penting untuk bergabung menjadi anggota OECD, yakni proses aksesi. Dalam proses tersebut, Indonesia diharuskan menyampaikan initial memorandum untuk memenuhi standar dan persyaratan keanggotaan OECD.

Ini menjadi langkah terakhir yang harus dilewati Indonesia untuk masuk keanggotaan OECD.

Jika persyaratan tersebut dapat dipenuhi maka Indonesia akan menjadi negara pertama dari Asia Tenggara sebagai kandidat anggota OECD. Hingga kini sudah ada 38 negara yang mendukung Indonesia masuk OECD.

Sebelum bertemu dengan Prabowo, Mathias telah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Pertemuan dilakukan guna membahas proses aksesi dan langkah-langkah yang perlu diambil oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi terima Sekjen OECD di Istana Bogor
Baca juga: Presiden bertemu Sekjen OECD bahas keanggotaan RI dalam tiga tahun

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024