Jakarta (ANTARA) - Partai NasDem menyatakan siap berkontestasi pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 di empat provinsi baru Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Papua dan Papua Barat Partai NasDem Roberth Rouw menjelaskan kesiapan partainya untuk maju karena kader NasDem mendapatkan apresiasi dari masyarakat di empat provinsi tersebut.

"Di empat provinsi yang baru ini, kader-kader kami mendapat apresiasi dari masyarakat maka terwujud empat anggota dewan baru dari sana dan kader-kader kami sudah siap untuk maju," kata Robert saat memberikan keterangan pers di NasDem Tower, Jakarta, Selasa.

Baca juga: NasDem akan umumkan calon kepala daerah Papua Selatan dan Papua Tengah

Ia mengatakan dukungan yang baik dari masyarakat menandakan kontribusi Partai NasDem untuk wilayah Papua. Oleh sebab itu, ia optimistis dengan elektabilitas kader yang diberikan surat rekomendasi untuk maju pada Pilkada 2024 di empat provinsi tersebut.

"Kami yakin dan percaya bahwa kader-kader kami ini punya elektablitas yang baik maka kami lihat hasil kinerja. Tanpa elektabilitas yang baik, hasilnya tidak mungkin baik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan kader partai yang diberikan surat rekomendasi untuk berkontestasi pada Pilkada 2024 di empat provinsi tersebut merupakan putra daerah.

"Tentu dalam partai ini ada afirmasi yang diberikan. (Misalnya) Kakak Dominggus (bakal calon Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, red), tentu putra terbaik Papua Barat, petahana, tentu ada aspirasi seperti itu yang hadir dari kader partai," jelasnya.

Baca juga: NasDem beri rekomendasi 6 calon kepala daerah di Sumatera dan Papua

Pada kesempatan sama, Partai NasDem memberikan surat rekomendasi kepada enam orang bakal calon kepala daerah di Sumatera dan Papua pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk segera bersiap menghadapi Pilkada 2024.

Surat rekomendasi Partai NasDem untuk bakal calon kepala daerah di Papua; di antaranya untuk bakal calon Gubernur Papua Pegunungan Befa Yigibalom, bakal calon Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dan bakal calon Wali Kota Jayapura Johny Banua Rouw.

Selanjutnya surat rekomendasi untuk bakal calon Gubernur Papua Selatan dan Papua Tengah akan diberikan segera oleh Partai NasDem.

Berikut daftar tahapan Pilkada 2024 untuk calon dari partai politik:

1. Pada tanggal 27—29 Agustus 2024: Pendaftaran pasangan calon;

2. Pada tanggal 27 Agustus—21 September 2024: Penelitian persyaratan calon;

3. Pada tanggal 22 September 2024: Penetapan pasangan calon;

4. Pada tanggal 25 September—23 November 2024: Pelaksanaan kampanye;

5. Pada tanggal 27 November 2024: Pelaksanaan pemungutan suara; dan

6. Pada tanggal 27 November—16 Desember 2024: Penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024