Jakarta (ANTARA) - Ditektora Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, memastikan kelancaran dan keamanan angkutan jamaah calon haji Embarkasi Batam dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Jeddah, Arab Saudi.

“Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan sebagai perpanjangan tangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memastikan penerbangan haji kelompok terbang dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Jeddah, Arab Saudi berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kepala Bidang Pengoperasian dan Pelayanan Bandar Udara Wilayah II Medan Maraden Purba dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Maraden menyebutkan bahwa hingga 28 Mei, sebanyak 16 dari 28 kelompok terbang telah diberangkatkan ke Tanah Suci dengan aman dan lancar.

"Dari total 12.437 calon jamaah haji yang dibagi menjadi 28 kloter. Sampai hari ini 28 Mei 2024, sudah kloter 16 yang terdiri dari 7.092 calon jamaah haji yang diberangkatkan," jelas Maraden.

Dia menuturkan jamaah calon haji yang berangkat dari Embarkasi Batam berasal dari Kepulauan Riau, Riau, dan Provinsi Kalimantan Barat, dengan menggunakan Pesawat Saudi Arabian Airlines berjenis Boeing 747-400.

Maraden mengungkapkan bahwa Bandara Internasional Hang Nadim juga telah mempersiapkan fasilitas pelayanan bagi jamaah calon haji lansia dan berkebutuhan khusus.

"Calon jamaah haji tertua tahun ini berusia 93 tahun. Untuk itu telah disediakan kursi roda dan petugas haji yang akan membantu proses keberangkatan dari asrama hingga menuju ke pesawat," tambahnya.

Ia menjelaskan proses kedatangan jamaah calon haji hadir di asrama satu hari sebelum keberangkatan, untuk istirahat dan proses pemeriksaan bagasi tercatat dan bagasi kabin guna keamanan dan keselamatan penerbangan.

Dia juga mengatakan bahwa peralatan pengecekan berupa sinar X gudang, sinar X kabin, hand metal detector dan juga walktrough metal detector berfungsi dengan baik. Begitupun dengan Wheelchair, High Lift Loader, Pushback Truck dan standar peralatan lainnya dalam penyiapan pesawat udara telah tersedia di Bandara Hang Nadim.

"Berkat kerja sama yang terjalin baik antara Ditjen Perhubungan Udara, Airnav Indonesia, PT. Angkasa Pura I, PT. Bandara Internasional Batam, Saudi Arabia Airlines dan PT. Gapura Angkasa maka suasana hangat dalam hal pelayanan haji ramah lansia tahun ini sangat terasa, semoga calon jemaah haji mendapatkan pengalaman dan pelayan terbaik berangkat dari Bandara Hang Nadim," lanjut Maraden.

Dia berharap kelancaran keberangkatan jamaah calon haji dapat terlaksana sampai kloter terakhir nanti, begitupun pada saat kepulangan.

"Semoga pelayanan calon jamaah haji tahun 2024 ini semakin meningkat dan terus mengalami perbaikan sehingga memberikan rasa aman dan nyaman selama keberangkatan dan kepulangan nanti. Semoga mereka menjadi haji yang mabrur," imbuh Maraden.

Baca juga: Menhub usul Garuda angkut haji pakai pesawat penerbangan reguler
Baca juga: Garuda Indonesia minta maaf atas keterlambatan penerbangan haji
Baca juga: Kemenhub tegur-tindak tegas Garuda Indonesia perbaiki layanan haji

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024